Silaturrahmi Kemitraan Bank Nagari dengan Wali Nagari se Tanah Datar

Bank Nagari Harus Menjadi Bank yang Kompetitor

Bank Nagari Harus Menjadi Bank yang Kompetitor
Bupati Irdinansyah Tarmizi berpose dengan pimpinan BRI Sumatera Barat, Tanah Datar dan seluruh Walinagari se Kabupaten Tanah Datar
Rabu, 01 Juni 2016 06:26 WIB
Penulis: Irfan F/Humas Tanah Datar
TANAH DATAR-Bank Nagari sebagai lembaga keuangan yang bermitra dengan pemerintah daerah, harus menjadi bank yang kompetitor dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sehingga dapat  bersaing dengan bank-bank lain yang ada di daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menghadiri silaturrahmi Jajaran Bank Nagari dengan Wali Nagari se Tanah Datar, Selasa (31/05) di Aula Hotel Pagaruyung II Batusangkar.

Irdinansyah juga sampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Bank Nagari Sumatera Barat, Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar, Cabang Lintau dan Cabang Padang Panjang yang telah menginisiasi pertemuan dengan wali nagari ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama dan kemitraan dengan pemerintah daerah.

Bupati jelaskan bahwa Tanah Datar sebagai pemegang saham terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Barat yaitu sebesar 10,27% dan sudah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Untuk itu kepada Bank Nagari untuk dapat mengagendakan kegiatan seperti pada tahun-tahun mendatang, mengingat pada tahun 2016 ini saja jumlah bantuan keuangan kepada pemerintah nagari sudah mencapai Rp.128 milyar lebih,” harap Irdinansyah Tarmizi.

Selanjutnya Bupati  menghimbau secara khusus, mengingat begitu besarnya dana atau anggaran yang akan dikelola oleh pemerintah nagari, maka perlu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan serta pertanggungjawaban yang baik dan jelas, ungkap Irdinansyah.

Kepada seluruh Wali Nagari Irdinansyah tekankan, sebagai garda terdepan dalam pembangunan nagari harus mampu meningkatkan peran dan fungsinya, sehingga nagari mempunyai kekuatan secara ekonomi dan sosial yang diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat nagari.

Kepada pemerintahan kecamatan Irdinansyah mengharapkan untuk dapat memberikan pembinaan dan pengawasan kepada nagari karena telah diatur secara jelas dalam pasal 154 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014.   

Ketua DPRD Anton Yondra, juga berharap agar kerja sama lembaga keuangan ini kedepan semakin dipererat karena ini juga merupakan sumber keuangan bagi daerah.

Sebelumnya Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar Loves Giantino dalam laporannya juga jelaskan bahwa bank nagari sebagai mitra pemerintah daerah juga sangat tergantung pada daerah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga kontribusi Bank terhadap daerah juga dapat maksimal.

Kedepan Loves berharap agar kemitraan pemkab ini dapat lebih ditingkatkan, sehingga pemberian CSR kepada daerah terutama nagari-nagari juga dapat meningkat sehingga perekonomian masyarakat akan lebih baik lagi.

Irwan Zuldani wakil divisi dana dan treasury sampaikan bahwa saat ini Bank Nagari sudah mempunyai 526 jaringan dengan 34 kantor cabang termasuk di luar Sumbar seperti Jakarta Bandung dan Pakan Baru.

Dari segi permodalan Irwan jelaskan sampa akhir Desember 2015 modal yang sudah disetorkan pemerintah daerah sebesar Rp.120,23 milyar lebih. Ia berharap untuk masa datang penyertaan modal ini bisa lebih besar lagi. Kepada wali nagari ia juga sampaikan bahwa kantor pusat juga akan memberikan fasilitas layanan kepada setiap wali nagari yang akan berurusan keuangan.

Wali Nagari Gunuang Rajo Erizal Dt. Jomulia sebagai perwakilan seluruh wali nagari yang hadir  sampaikan akan selalu bermitra dengan bank nagari demi keberlanjutan pembangunan di Tanah Datar.

Turut hadir dalam acara silaturrahmi tersebut Sekretaris Daerah Drs. Hardiman, Asisten I Setda, Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Tanah Datar. (Humas/Irfan F).

Editor:M.Siebert
Kategori:Tanah Datar, GoNews Group, Ekonomi

wwwwww