Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
Umum
21 jam yang lalu
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
2
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
22 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
3
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
Olahraga
19 jam yang lalu
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
4
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
Olahraga
20 jam yang lalu
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
5
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
Olahraga
19 jam yang lalu
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
6
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
Olahraga
20 jam yang lalu
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hasil Pemerikasaan BPK, Pemko Padang Pertahankan Opini WTP

Hasil Pemerikasaan BPK, Pemko Padang Pertahankan Opini WTP
Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Eldy Mustafa menyerahkan LHP kepada Wako Padang Mahyeldi. (Humas Padang)
Minggu, 29 Mei 2016 07:57 WIB

PADANG – Pemerintah Kota Padang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2015 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Hebatnya, opini WTP yang diraih kali ini merupakan opini WTP Murni. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, Eldy Mustafa kepada Walikota dan Wakil Walikota Padang dan Ketua DPRD Kota Padang di aula BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Jumat (27/5/2016).

Sejak kepemimpinan Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo dan Wakil Walikota Emzalmi, ini merupakan opini WTP yang kedua kalinya diterima. Pada laporan keuangan tahun 2014 lalu, Pemko Padang juga menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP).

Diraihnya opini WTP murni ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan. Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo menyampaikan rasa terimakasihnya kepada BPK RI yang telah memeriksa laporan keuangan Kota Padang dan memberi opini yang cukup menyejukkan.

“Apresiasi yang sangat tinggi serta ucapan terimakasih yang tulus secara khusus kepada Bapak Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat yang bersedia turun langsung memimpin tim dalam melakukan pemeriksaan khususnya di Pemerintah Kota Padang,” ujar Walikota.

Dalam pemeriksaan kali ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Eldy Mustafa turun langsung dalam pemeriksaan laporan keuangan Kota Padang. Eldy ikut berdiskusi bersama-sama jajaran kerja di Pemko Padang. “Hemat saya, sudah 12 tahun saya menjadi pejabat di Pemko Padang, kepala BPK kali ini beda dengan kepala BPK sebelumnya, terasa seperti punya orangtua, kami benar-benar diayomi,” ungkap Mahyeldi didampingi Wakil Walikota Padang, Emzalmi dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Muhidi.

Dikatakan Walikota, LHP yang diterima Pemko Padang merupakan bentuk petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan menjadi lebih baik terkait pengelolaan keuangan di masa datang.

“Kami berharap, dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan juga akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Kota Padang,” tutur Walikota.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Eldy Mustafa menuturkan bahwa Kota Padang telah berhasil mempertahankan opini WTP. Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan.

“Sekali lagi kami berikan apresiasi yang tinggi kepada Kota Padang serta semua jajaran di bawahnya yang benar-benar serius dan konsekuen dalam hal menyusun laporan keuangan berbasis akrual,” ungkapnya.

Eldy menekankan, besarnya manfaat yang diperoleh dari pemeriksaan keuangan tersebut tidak terletak pada temuan pemeriksaan yang dilaporkan atau rekomendasi yang dibuat. Akan tetapi terletak pada efektifitas Kepala Daerah dalam menindaklanjuti rekomendasi serta menciptakan dan memelihara suatu proses dan sistem informasi untuk memantau status tindak lanjut atas rekomendasi BPK.

“BPK mempunyai keinginan yang kuat agar Kepala Daerah dapat melaksanakan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, ekonomis, efisien, efektif, transparan dan akuntabel,” paparnya.

Pada hari itu, dua daerah lain juga menerima opini WTP. Dua daerah itu yakni Kota Bukittinggi, serta Kabupaten Pasaman. Terlihat hadir sejumlah pejabat di lingkup Pemko Padang, antara lain seperti Asisten III, Corri Saidan, Inspektur, Andri Yulika, Kepala BPKA, Syahrul, Kepala Dispenda, Kepala Kantor Kesbangpol, serta Kabag Humas dan Protokol, Mursalim. (Charlie/Yurizal)

Editor:Calva
Kategori:Padang, GoNews Group, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/