Home  /  Berita  /  GoNews Group

Disambangi Petugas BPS Padang, Wakapolda Sumbar Himbau Polisi di Sumbar Ikuti Sensus Ekonomi 2016

Disambangi Petugas BPS Padang, Wakapolda Sumbar Himbau Polisi di Sumbar Ikuti Sensus Ekonomi 2016
Wakolda Sumbar Kombes Pol Nur Afiah memberikan cindera mata kepada Kepala BPS Padang Rizal, ST . (Humas Padang)
Minggu, 29 Mei 2016 09:59 WIB

PADANG - Jelang berakhirnya pendataan Sensus Ekonomi 2016 yang diselenggarakan Badang Pusat Statistik (BPS) di Kota Padang, Jumat (27/5/2016), petugas BPS melakukan pendataan kepada Wakapolda Sumbar, Kombes Pol Nur Afiah di ruang kerjanya di Mapolda Sumbar. Kunjungan petugas sensus ekonomi yang dipimpin Kepala BPS Padang, Rizal, ST tersebut disambut baik Wakapolda yang didampingi sejumlah jajarannya.

Setelah memberikan data yang akurat dengan menjawab sejumlah pertanyaan petugas sensus, Wakapolda Nur Afiah berharap agar data yang diberikan bisa bermanfaat bagi pembangunan Sumatera Barat khususnya Kota Padang ke depan.

"Untuk itu, kepada seluruh jajaran personil Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar, ikutilah sensus ekonomi dengan baik. Jangan takut atau ragu memberikan data yang akurat kepada petugas sensus ekonomi. Karena kita ketahui, ini merupakan bentuk upaya pemerintah memetakan pergerakan ekonomi warga dan tidak ada kaitannya dengan pajak dan pungutan," imbau Wakapolda.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Padang, Rizal mengatakan, BPS Kota Padang melaksanakan Sensus Ekonomi khususnya bagi masyarakat Kota Padang pada 1-31 Mei. Dimana sesuai dengan UU No.16 tahun 1997 tentang statistik, BPS berkewajiban melaksanakan kegiatan sensus ekonomi 10 tahun sekali yang merupakan program nasional.

“Sensus ekonomi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemajuan ekonomi serta peluang apa saja yang selama ini berkembang di Kota Padang setiap sepuluh tahun sekali,” terang Rizal.

Rizal melanjutkan, dengan adanya sensus ekonomi, untuk dapat ditemukannya gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi masyarakat. Di samping itu juga memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, karakteristik usaha dan daya saing bisnis.

“Alhamdulillah hasil dari kondisi di lapangan sampai saat ini, sudah hampir dikatakan selesai semua hingga hari terakhir (31/5) nanti-red. Mungkin paling yang tinggal kira-kira satu atau dua usaha yang ada di satu kelurahan, disebabkan kebetulan ada yang lagi berhalangan atau sedang tidak di tempat usahanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rizal menambahkan, pihaknya optimis hingga akhir Mei Sensus Ekonomi akan selesai semua.

“Kita bersyukur masyarakat sejauh ini antusias dan sangat respon terhadap petugas sensus di lapangan. Meskipun ada beberapa pengusaha sebelumnya masih ragu, setelah kita jelaskan mereka menjadi paham. Alhamdulillah kendala di lapangan tidak ada kita temukan atau belum ada laporan yang berarti kita dapati,” tuturnya.

Selesai melakukan sensus ekonomi, Wakapolda, Kombes Pol Nur Afiah mengucapkan terima kasih sembari memberikan sebuah cendera mata kepada petugas sensus ekonomi dari BPS Padang. (David)

Editor:Calva
Kategori:Sumatera Barat, Padang, GoNews Group, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/