Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Duta Kabupaten Solok ke Provinsi, Batang Barus Nagari Berprestasi

Duta Kabupaten Solok ke Provinsi, Batang Barus Nagari Berprestasi
Bupati Solok, H. Gusmal dan Ketua Tim Nagari Berprestasi Sumbar dikalungi bunga di Batang Barus, Rabu (25/5/2016).
Kamis, 26 Mei 2016 15:50 WIB
Penulis: Suwartoni
SOLOK - Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang dinilai sebagai Nagari Berprestasi tingkat Sumatera Barat.  Nagari yang memiliki visi mewujudkan  tata kelola pemerintahan Nagri yang baik, bijaksana, santun, serta taat hukum menuju masyarakat sejahtera ini menjadi duta Kabupaten Solok ke tingkat provinsi Sumbar.

"Bukan sebatas prestasi dan gelar juara, tetapi bagaimana Nagari Batang Barus bisa memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat," ujar Bupati Solok, H. Gusmal di hadapan Tim Penilai Nagari Berprestasi Provinsi Sumbar Rabu (25/5/2016). Jika bisa menjadi yang terbaik, bagaimana nagari lain di Kabupaten Solok bisa belajar ke nagari ini.

Gusmal berharap, setelah mengikuti penilaian nagari berprestasi, Barang Barus akan semakin baik dalam administrasi pemerintahan, sehingga nagari ini bisa menjadi contoh bagi nagari lainnya. Kalau tim melihat nagari ini memamg baik, tidak tertutup kemungkinan, Batang Barus menjadi nagari berprestasi terbaik di Sumatera Barat bahkan di Indonesia.

"Kita selalu menjadikan musyawarah dalam mengambil keputusan," jelas Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar. Seberat apapun masalah nagari, ia berusaha melibatkan semua lembaga yang ada di nagari dalam mengambil keputusan, sehingga didapatkan keputusan yang menguntungkan semua pihak.

Di samping mengedepankan musyawarah, jelas Syamsul, yang juga seorang jurnalis ini, pihaknya berusaha untuk transparan dalam penganggaran, sehingga siapapun bisa mengakses anggaran pemerintahan nagari.

Syamsul mengakui beratnya tantangan sebagai wali nagari Batang Barus karena berada di pusat pemerintahan Kabupaten Solok. Selain perkantoran Bupati Solok berada di nagari ini, Mapolres itu ada di sini. Karena itulah jalannya pemerintahan selalu dikawal dan diawasi banyak pihak.

"Penilaian nagari berprestasi ini dimaksudkan untuk melihat keberhasilan masyarakat, pemerintahan nagari dan pemerintahan daerah," ujar Ketua Tim Mukhlis. Diharapkan Batang Barus bisa menjadikan ini sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Sehingga bisa pula menjadi motivasi bagi nagari lainnya.

Dalam penilaian ini, ikut hadir. Bupati Solok, Gusmal, Tim Penilai Prov.Sumatera Barat, Kapolres Arosuka AKBP Reh Ngenana, Kepala BPM H. Khairi Yusri, SKPD, camat dan para wali nagari, serta undangan lainnya. ***

Editor:W Leto Lapays
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Solok
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77