Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
19 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
2
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
19 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
3
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
Olahraga
2 jam yang lalu
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
4
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
Umum
50 menit yang lalu
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
5
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film "That '90s Show" Season 2
Umum
1 jam yang lalu
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film That 90s Show Season 2
6
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
Umum
58 menit yang lalu
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Dinilai, Lurah Maghdalena Bersiap Jadi Lurah Berkompetensi Terbaik Sumbar 2016

Dinilai, Lurah Maghdalena Bersiap Jadi Lurah Berkompetensi Terbaik Sumbar 2016
Lurah Maghdalena bersama Wawako Padang Emzalmi (kanan). (Humas Padang/Faisal Siregar)
Kamis, 26 Mei 2016 05:51 WIB

PADANG – Lurah Jati Baru, Maghdalena, S.E kali ini Rabu (25/5/2016), dinilai dalam Penilaian tahap II Lomba Kompetensi Lurah Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di tahun 2016. Lurah perempuan yang memimpin Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang ini, merupakan lurah berkompetensi terbaik I dari 104 lurah yang ada di Kota Padang, sehingga mewakili Kota Padang dalam penilaian bergengsi tingkat Sumbar itu.

Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi hadir pada kesempatan itu mengatakan, Kota Padang yang terdiri dari 104 kelurahan pada 11 kecamatan, selalu berkomitmen untuk menyediakan lurah yang mempunyai kompetensi mumpuni. Itu dikarenakan, pemerintah kelurahan selaku ujung tombak pemegang kendali dalam setiap pembangunan di wilayah kelurahan.

Lurah beserta jajarannya adalah garda terdepan bagi jalannya roda pemerintahan dan roda pembangunan di kelurahan. Jadi maju mundurnya pembangunan di kelurahan itu, tergantung baik dan buruk kinerja pemerintah kelurahan dalam mempengaruhi masyarakatnya untuk turut serta dalam setiap pembangunan.

“Alhamdulillah, hari ini, Lurah Jati Baru, Maghdalena dinilai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui Tim Penilai Kompetensi Lurah Tingkat Sumbar 2016. Lurah tersebut telah memenuhi persyaratan untuk diuji kompetensinya. Dimana berbicara kompetensi, berarti kemampuannya sebagai lurah sangat baik sejauh ini. Baik dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan yang dipimpin,” sebut Wawako.

Wawako melanjutkan, atas nama Pemerintah Kota Padang menaruh besar harapan Lurah Jati Baru tersebut bisa menjadi terbaik I dalam penilaian kompetensi lurah tingkat Sumbar 2016 tersebut.

“Kami berserta seluruh masyarakat Kota Padang tentu sangat berharap, agar lurah kami ini berhasil menjadi yang terbaik dalam penilaian tersebut. Karena, kegiatan lomba kompetensi lurah ini, didedikasikan ke depan terciptanya aparatur yang mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Tujuan utamanya tentu, meningkatnya kepuasan masyarakat yang juga diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan,” ujar Emzalmi.

Setelah itu Koordinator Tim Juri Penilaian tahap II Kompetensi Lurah tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016, H. Asril Syukur menyebutkan, penilaian kali ini meliputi 4 bidang penilaian. Pertama tentang penyelenggaraan pemerintahan, yaitu bagaimana lurah tersebut dalam melayani masyarakat dan pengaturan di kelurahannya.
Kemudian yang kedua pelaksanaan pembangunan, terkait apa-apa saja infrastruktur yang dibangun di kelurahan yang dilihat selama lurah tersebut menjabat.

Ketiga adalah pembinaan masyarakat, bagaimana kemampuan seorang lurah dalam membina masyarakatnya dengan baik. Sehingga dia sadar sebagai warga negara yang baik dan tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diingini. Terakhir ke empat, yaitu bidang pemberdayaan masyarakat, bagaimana masyarakat yang kurang mampu atau ekonomi lemah, bisa diberdayakan untuk bisa hidup tumbuh dan berkembang sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.

“Demikian merupakan bahagian utama yang menjadi tanggung jawab lurah sebagai kepala pemerintahan di kelurahan. Kalau itu bisa dia kerjakan dengan sebaik-baiknya, maka kompetensi lurah itu bisa dibanggakan untuk tingkat Sumbar. Jadi Lurah Jati Baru, Maghdalena, dalam penilaian ini merupakan dua besar dari 6 lurah tingkat Sumbar yang mengikuti penilaian. Ia akan bersaing dengan Lurah Koto Panjang yang mewakili Kota Payakumbuh untuk menjadi terbaik I sebagai lurah berkompetensi tingkat Sumbar di 2016 ini,” ulas pamong senior di Pemprov Sumbar yang telah pensiun itu.

Sementara itu, Lurah Jati Baru, Maghdalena mengungkapkan, sebelum penilaian tahap II tersebut ia telah melalui penilaian tahap I dengan melaksanakan ekspos di Kantor Gubernur pada 29 April lalu.

“Alhamdulillah, Kelurahan Jati Baru masuk nominasi 2 besar mewakili Kota Padang. Pada hari ini kita dinilai untuk tahap II. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya bagi pimpinan, SKPD terkait, seluruh staf di kelurahan dan terutama seluruh lapisan masyarakat di Kelurahan Jati Baru. Semoga saja kita mampu meraih terbaik I pada Lomba Kompetensi Lurah Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016 ini,” ucap Maghdalena bersemangat.

Dalam Penilaian tahap II Lomba Kompetensi Lurah Tingkat Sumbar tahun 2016 kali ini, tim penilai melakukan penilaian tentang hasil ekspos yang berpedoman pada Pergub no 13 tahun 2016. Diantaranya tentang gambaran umum kelurahan, penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Penilaian ini tersebut dihadiri beberapa pimpinan SKPD, Camat Se-Kota Padang, Muspika Se-Kecamatan Padang Timur, LKAAM, Pengurus PKK, Bundo Kanduang, Majelis Taklim, Karang Taruna, KSB di Kota Padang serta lainnya. (David)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/