Home >  Berita >  Umum
Potang Balimau, Mari Kembali ke Pangkalan !

Bakal Dihadiri 3 Menteri, dan 2000 Perantau yang Pulkam

Bakal Dihadiri 3 Menteri, dan 2000 Perantau yang Pulkam
Suasana Potang Balimau tahun lalu, ribuan warga tumpah ke Batang Maek.(f/m.siebert)
Kamis, 26 Mei 2016 22:40 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA-Acara Potang Balimau di Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2016 bakal dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh nasional termasuk menteri. Selain itu, tradisi menyambut lebaran ini juga dipastikan akan dibanjiri ribuan perantau, masyarakat, wisatawan domestik dan manca Negara.

“Potang Balimau, menyambut bulan suci Ramadhan  tahun ini yang bertajuk “Kembali ke  Pangkalan” dimaksudkan menggugah para perantau untuk pulang kampung ke Pangkalan.Dimaksudkan, selain untuk mempererat silaturrahmi dan penyaluran bakat anak nagari, terpenting juga mengajak para perantau pulang kampung, soto sekaki, menyumbangkan pemkiran-pemikiran, ikut serta membangun kampuang halaman, Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya Pangkalan Kotobaru,”ujar Wakil Bupati Limapuluh Kota,Ferizal Ridwan, yang juga selaku ketua umum Panitia Potang Balimau, dalam pengarahannya, pada rapat terakhir persiapan Potang Balimau, Selasa (24/5) malam di Restoran Ombak Pangkalan.

            Selanjutnya Feri Buya (sebutan Ferizal Ridwan,red)  mengatakan, untuk meramaikan acara bernuansa religi itu perantau Pangkalan dipastikan akan pulang basamo. Sedangkan untuk memeriahkannya, masyarakat dikampung bakal menggelar berbagai pertandingan dan perlombaan.

            “Jumlah perantau yang akan pulang basamo diperkirakan mencapai 2.000 orang dengan menggunakan 350 mobil pribadi dan dua unit bus besar. Ribuan perantau itu akan disambut dalam sebuah acara yang bakal dipusatkan di Simpang TPR Pangkalan tanggal 4 Juni 2016,” ungkapnya.

Tak hanya masyarakat dan perantau, tradisi peninggalan nenek moyang ini juga bakal di hadiri sejumlah pejabat setingkat menteri seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

             Sedangkan sebelumnya mulai tanggal 28 Juni 2016 juga digelar pertandingan sepak bola yang akan diikuti sejumlah kesebelasan dari Sumatera Barat dan Riau. Klub yang akan bertanding itu diantaranya tuan rumah Pangkalan, klub Kapur IX, kesebelasan Porprov Kabupaten Limapuluh Kota, Rambatan FC Kabupaten Tanah Datar, Painan FC Kabupaten Pesisir Selatan, Patriot Bangkinang Provinsi Riau dan Minas FC Provinsi Riau.

            “Pertandingan sepak bola akan berlangsung mulau tanggal 28 Mei hingga 4 Juni 2016. Final direncanakan akan ikut disaksikan ribuan perantau yang pulang basamo hari itu. Sedangkan malamnya dilakukan temu ramah masyarakat dengan perantau,” ujarnya.

            Disamping kegiatan olahraga, dalam rangkaian kegiatan Potang Balimau  yang memiliki motto “Kembali ke Pangkalan” ini juga akan dilakukan tablig akbar yang direncanakan tanggal 3 Juni malam di Masjid Raya Pangkalan. Tak kalah menariknya juga menampilkan lomba sampan hias (Bimbau).

Ketua Umum Potang Balimau Ferizal Ridwan yang juga Wakil Bupati Limapuluh Kota  itu memastikan tradisi yang digelar setiap tahunnya di Nagari Pangkalan itu akan lebih semarak karena acaranya telah dirancang secara apik. Ia berharap tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang tersebut menjadi salah satu materi dalam pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah.

“Kita ingin tradisi ini menjadi salahsatu muatan lokal di sekolah agar kalangan pelajar mengetahui kekayaan tradisi di daerah ini,” ujar Ferizal.

Lebih jauh laki-laki yang akrab disapa Buya Feri itu juga memastikan pelaksanaan Potang Balimau tahun ini melibatkan seluruh unsur masyarakat mulai dari tokoh adat, seni dan budaya, cadiak pandai serta unsur pemuda serta anak nagari.

"Kita ingin Potang Balimau kali ini memiliki tema, “Mari kita jaga tradisi, tegakkan syara', untuk mambangkik batang tarandam,” kata Ferizal.***

Editor : M.Siebert
Kategori : Umum, GoNews Group, Limapuluh Kota

Loading...
www www