Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
23 jam yang lalu
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
Olahraga
23 jam yang lalu
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
3
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
12 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
4
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
12 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pendidikan

Hafal 13 Juz Al-Qur'an, Siswa Thawalib Tanjung Limau Pariangan Tanah Datar Dapat Hadiah Umroh

Hafal 13 Juz Al-Quran, Siswa Thawalib Tanjung Limau Pariangan Tanah Datar Dapat Hadiah Umroh
Ilustrasi. (quranfocus.com)
Selasa, 24 Mei 2016 09:04 WIB

TANAH DATAR - Wisuda tahfiz akbar dengan menghapal 13 juz Al-Qur'an, di Gedung Suri Maharajo di Rajo Batusangkar mendatangkan berkah bagi Miftahul Maghfirah Siswa Madrasah Aliyah Swasta Thawalib Tanjung Limau Pariangan,Tanah Datar. Tak hanya berhasil meraih predikat terbaik, ia juga diganjar reward Umroh gratis yang disumbangkan oleh pihak Rumah Makan Sederhana milik H .Bustamam.

Kegiatan yang diikut 833 siswa Madrasah Ibtidayah,Tsanawiyah dan Aliyah negeri dan swasta beberapa waktu lalu itu dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Kabid Pakis Afrizal dan dihadiri Staf Ahli Bupati Adrion Nurdal, Wakil Ketua DPRD Irman, Kakankemenag Tanah Datar Maliki.A beserta jajarannya dan Kepala Madrash Se Tanah Datar.

Menurut Afrizal, seorang penghapal Alquran disamping dijamin Allah SWT surga juga turut mencerdaskan otak penghapal tersebut. Afrizal juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Kemenag Kab. Tanah Datar dengan berhasilnya mengangkat acara akbar wisuda / Takrimul Hufadz (memuliakan penghafal Al-Quran) di daerah tersebut.

Dengan adanya kegiatan wisuda tersebut yang dapat melahirkan penghafal Al-Quran bagi siswa madrasah maka mereka akan terhindar dari segala berbuatan maksiat dan narkoba. Untuk itu KaKanwil meminta orang tua siswa agar selalu mendorong anaknya belajar menghafal Al-Quran sehingga mereka kelak berguna bangsa dan negara ini.

Sementara itu Bupati yang diwakil Adrion Nurdal mengungkapkan, kabupaten Tanah Datar sangat mendukung program ini dan bertekad untuk menjadikan daerah ini sebagai Kabupatennya para Hafiz dan Hafizah.

KaKankemenag Kab. Tanah Datar Drs. H. Malikia, MA dalam sambutannya mengatakan dalam Perda Tanah Datar No. 2 tahun 2007 menyatakan setiap siswa wajib pandai baca tulis Al-Quran yang telah dicanangkan beberapa tahun yang lalu. Dengan adanya kegiatan wisuda tahfiz/takrimulhufadzt ersebut adalah merupakan suatu motivasi bagi siswa untuk menghafal ayat-ayat suci Al-Quran. Kepada pemerintah daerah KaKankemenag meminta agar para penghafal ayat suci Al-Quran tersebut juga dapat diberikan reward ke Singapura dan Malaysia seperti yang diberikan kepada siswa berprestasi lainnya di Kab. Tanah Datar.

Ketua Pelaksana Juliasman Khas mengucapkan terima kasih atas terlaksananya wisuda tahfiz akbar ke 2 ini semoga dengan kegiatan ini maka banyak generasi muda untuk menghapal Al quran. "Semoga keinginan kita untuk mejadikan Kabupaten Tanah datar menjadi kabupatennya para Hafiz Insya allah akan terwujud," harapnya sebagaimana dilansir dari tanahdatar.go.id, Selasa (24/5/2016).

Dalam kegiatan WisudaTahfiz akbar yang digelar Kementerian Agama Kab. Tanah Datar itu , berhasil sebagai juara I umum dan meraih paket umrah dari H. Bustamam Pengusaha Rumah Makan Sederhana Grup adalah Mifathul Maghfiroh siswi MAS Tanjung Limau Pariangan dalam kategori penghafal juz 1 s/d juz 13 dan juga memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp. 1 jt dari KaKankemenag Kab. Tanah Datar.

Sementara juara II dan III diraih Hidayatul Rohmi dari MAS Mualimin Tanjung Bonai,Wurrata Aini dari MAN 2 Batusangkar dan mereka masing-masing memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp. 750 ribu dan Rp. 500 ribu. Untuk tingkat MTs penghafal juz 1 s/d juz 5, juara I diraih Dwi Yulia Astina siswi MTsS Mualimin Tanjung Bonai. Juara II diraih Mhd Ridho siswa MTsN Batusangkar dan juara III Muhammad Syukron dari MTsN Lawang Mandahiliang masing-masing memperoleh uang tunai sebesar Rp. 1 Rp. 750ribu dan Rp. 500 ribu.

Sedangkan untuk tingkat MI penghafal juz 30, juara I, II dan III masing-masing diraih Kurnia Miranda murid MIN Puncak Alai, Rizki M.Hafiz murid MI Mhd Batu Taba dan Nur Aisyah murid MIN Sungai Tarab. Mereka juga memperoleh hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp. 1jt, Rp. 750 ribu dan Rp 500 Ribu Dalam seleksi Tahfiz tersebut juga dipilih peringkat sepuluh besar terbaik dari semua tingkat mulai dari MI, MTs dan MA .masing-masing mereka yang berhasil masuk dalam sepuluh besar diberi reward sebesar Rp. 200 ribu yang disediakan panitia penyelenggara. (humas)

Editor:Calva
Sumber:Tanahdatar.go.id
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Tanah Datar
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/