Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
2
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
4 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
3
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
4 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Program Tri Arga Model Makin Bergairah

Program Tri Arga Model Makin Bergairah
Gubernur Irwan Prayitno, Walikota Riza Falepi dan Bupati Ifendi Arbi melihat seekar simental yang akan dikembangkan lewat program Tri Arga Model.
Sabtu, 21 Mei 2016 23:35 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Menyusul telah diluncurkannya program Tri Arga Model oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, di Payakumbuh, Selasa (17/5), para petani peternak di Payakumbuh makin  bergairah untuk beternak.

Untuk itu, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, meminta SKPD terkait, lebih agresif melakukan sosialisasi.  Merangkul peternak untuk menyiapkan lahan  hijauan untuk pakan ternak dimaksud.
 
Dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (19/5), Walikota Riza Falepi, menginformasikan, program Tri Arga Model sebuah bentuk investasi usaha sapi potong yang dirancang bagi hasil yang lebih besar buat petani peternak. Pemilik modal hanya kebagian 30%, sedangkan peternak kebagian 70% dari keuntungan. Petani peternak juga dilindungi dengan asuransi dari PT Jasindo dalam menjalankan usaha dimaksud.
 
Untuk mengembangkan usaha tersebut, seyogianya dilakukan secara kelompok. Bagi kelompok peternak yang sudah ada, tinggal lagi memproses kerjasama usaha dengan pemilik modal yang menjalani program Tri Arga Model. Kelompok peternak atau petani perorangan diminta, dari sekarang, sudah memulai membudidayakan rumput gajah atau hijauan lainnya, buat pakan ternak tersebut.  Satu paket program dengan 5 sapi.
 
Dikatakan, tidak hanya Payakumbuh yang menjadi daerah sasaran Tri Arga Model, tapi juga lima kota dan kabupaten lainnya, disekitar Gunung Merapi dan Singgalang. Lima daerah lainnya, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padangpanjang, Bukittinggi dan Kabupaten Agam Bagian Timur.
 
Bagi Payakumbuh sendiri, kata Walikota Riza Falepi, program cluster sapi melalui Tri Arga Model, sangat strategis sekali, dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Selain telah memiliki RPHM (rumah potong hewan modern) yang direncanakan bakal beroperasi akhir tahun ini, di Payakumbuh juga sudah ada Fakultas Peternakan Unand yang akan bersinergi dengan pihak RPHM, pemko, dalam peningkatan program peternakan ke depan.
 
Menurut Walikota Riza Falepi, program tersebut, salah satu peluang usaha yang bakal mempercepat  peningkatan kesejahteraan. Tinggal lagi, bagaimana masyarakat Payakumbuh menyambut positif program dimaksud. Kadis  Peternakan dan Perikanan Payakumbuh, Depi Sastra dan jajarannya, diminta walikota, untuk gencar melakukan sosialisasi, sehingga begitu program diaplikasikan,  seluruh petani sudah siap dan tak gagap menerima program, dimaksud.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/