Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Pemko Payakumbuh Bangun Proyek Perubahan Sakip

Pemko Payakumbuh Bangun Proyek Perubahan Sakip
Benni Warlis---Sekdako Payakumbuh.
Kamis, 19 Mei 2016 21:05 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Menteri PAN RB Republik Indonesia, kirim dua pejabat setingkat eselon II-nya ke Payakumbuh, melakukan pendampingan Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah) dan Lakip (Laporan Akuntabilitas Kinerja  Pemerintah) Daerah Payakumbuh. Terkait dengan rencana pemko untuk melakukan Proyek Perubahan tantang Sakip dan Lakip 2016 ini.

Kegiatan Proyek   Perubahan tentang Sakip dan Lakip yang digagas Sekdako H. Benni Warlis itu, mendapat dukungan penuh dari Walikota H. Riza Falepi. Kegiatan itu dilakukan, sehubungan dengan Diklat Pim  yang diikuti Sekdako Benni Warlis, sejak pertengahan Maret 2016.

Serius untuk berubah dalam menyusun Lakip tahun-tahun berikutnya, Kementerian PAN RB menginginkan agar Proyek Perubahan dimaksud dapat terealisir dalam tahun ini. "Bak gayuang basambuik, walikota dalam acara seminar proyek perubahan di Diklat LAN didepan coach dan dosen Diklat Pim, mengatakan kesanggupan pemko dengan  pengangggran aplikasi  Sakip dimaksud,' sebut Benni.

Dalam mengaplikasikan proyek perubahan, dua pejabat Kemenpan RB, diwakili Asisten Deputi Koordinator Pelaksana Pemantauan dan Evaluasi RB Akuntabilitas Aparatur Pengawasan, Ronald Anrea Anas, AK dan Kabid Pelaksanaan Pemantauan Evaluasi RB Akuntabilitas Aparatur, Dra. Endang Purwaningsih, M.AP langsung ke Payakumbuh, melakukan sosialisasi dengan pembuatan Lakip yang erat kaitannya dengan perencanaan yang terintegrasi, sesuai dengan RPJMD Payakumbuh 2012-2017. Selama ini, perencanaan yang dilakukan SKPD, terkesan jalan sendiri-sendiri, belum terintegrasi.

Kelemahan yang ada pada setiap SKPD itu, diminta Walikota Riza Falepi, jangan sampai terjadi lagi. Walikota meminta, dalam merencanakan sebuah kegiatan, harus terintegrasi antara satu SKPD dengan SKPD lainnya. Peran Bappeda serta Inspektorat, diminta walikota untuk lebih ditingkatkan dalam menyusun Lakip, bukan lagi tanggung jawab Bagian Ortala di Setdako Payakumbuh,” ucapnya.

Kegiatan pendampingan Sakip dan Lakip dalam mewujudkan proyek perubahan itu, berlangsung selama dua hari, Minggu dan Senin (15-16/5). Kegiatan dimaksud diikuti seluruh pimpinan SKPD, sekretaris dan pejabat pembuatan perencanaan paad setiap SKPD. Pendampingan tersebut diawasi langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Sekdako H. Benni Warlis dan seluruh asisten setdako. ***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwww