Home  /  Berita  /  GoNews Group

Forikan Payakumbuh Gelar Lomba Menu Ikan

Forikan Payakumbuh Gelar Lomba Menu Ikan
Ny. Henny Riza Falepi--Ketua Forikan Payakumbuh
Kamis, 19 Mei 2016 08:38 WIB
Penulis: Bayu De Nura

PAYAKUMBUH--Ketua Forikan Payakumbuh Ny. Hj. Dr. Henny Riza Falepi, mengajak warga kota Payakumbuh makan ikan, pihaknya bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Payakumbuh, juga gencar melakukan pembinaan ke tengah masyarakat, untuk membentuk Pokdakan (Kelompok Pembudidayaan Ikan) disetiap kelurahan, dengan melibatkan kader PKK. Puluhan industri rumah tangga di beberapa kelurahan, bermunculan dengan produksi yang terbuat dari ikan. 


Hal tersebut dikatakan Ny. DR. Henny Riza Falepi dalam kegiatan LMMSI (Lomba Mengolah Masakan Serba Ikan), di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (16/5). Tampil sebagai pemenang pertama TP-PKK Kelurahan Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur. Untuk selanjutnya tim Balai Jariang, berhak maju ke tingkat provinsi dalam lomba yang sama, selain mengantongi hadiah berupa uang kontan.
 
Sedangkan pemenang kedua, diraih TP-PKK Kelurahan Payobasuang, juga dari Payakumbuh Timur. Disusul tim TP-PKK dari Kecamatan Payakumbuh Barat. Tim Tp-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara yang difavoritkan meraih gelar juara, harus puas berada di peringkat keempat atau juara harapan I. Sedangkan, juara harapan II milik TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Selatan.
 
Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman, saat membukaLMMSI, menyebutkan, warga Sumatera Barat, termasuk masyarakat Payakumbuh,  tergolong masih rendah  mengkonsumsi ikan. Padahal, mengkonsumsi ikan, sangat membantu tingkat kecerdasan anak, pada 1.000 hari kehidupan pertama anak. Walikota Payakumbuh mengajak warga untuk melirik ikan sebagai konsumsi pangan utama di rumah tangga.
 
Berdasarkan data di Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Barat, menurut Kadis Peternakan dan Perikanan Payakumbuh Depi Sastra,  tingkat konsumsi ikan warga, termasuk di Payakumbuh,  baru mencatat 31,18 Kg/kapita/tahun. Angka tersebut di bawah target nasional yang sudah mencatat 33,89 Kg/kapita/tahun.
 
Untuk melewati target nasional itu, walikota mengajak SKPD tetkait bersama stakeholder, terus melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat, agar warga lebih banyak mengkonsumsi ikan ke depan. Dalam situasi harga daging yang  kian tinggi, ikan pilihan yang tepat untuk menekan biaya dapur keluarga, katanya.
 
Nada yang sama juga dsampaikan kepala dinas Pertenakan Payakumbuh, Depi Sastra, kegiatan ini dilaksanakan guna memacu produksi ikan di Payakumbuh, yang baru berjumlah 512 ton/tahun dengan luas lahan (kolan ikan) 262 hektar.
 
DDepi Sastra mentargetkan, produksi akan dipacu lebih kurang 25 persen tahun depan. Hal itu seiring, dengan  pembangunan balai benih ikan (BBI) pada beberapa kecamatan di Payakumbuh. “Kita akan menyediakan bibit ikan yang unggul disetiap BBI, guna memacu produksi ikan di Payakumbuh,” tegas Depi Sastra.
 
Kegiatan LMMSI yang diikuti perwakilan TP-PKK sejumlah kader PKK kelurahan  dan TP-KK kecamatan dari lima kecamatan  se-Kota Payakumbuh, itu diprakarsai Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Payakumbuh bersama Dinas Peternakan dan Perikanan kota ini. Sejalan dengan LMMSI, juga digelar Lomba Jingle berthemakan gemar makan ikan yang diikuti pelajar SMA di Payakumbuh. Dalam lomba ini tampil sebagai juara tim SMAN 3 Payakumbuh.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Payakumbuh, GoNews Group, Umum
wwwwww