Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ayo Buruan! Rabu Ini, Hari Terakhir Pameran Bursa Kerja yang Digelar Pemko Padang

Ayo Buruan! Rabu Ini, Hari Terakhir Pameran Bursa Kerja yang Digelar Pemko Padang
Para pencari kerja memadati Job Fair yang dilaksanakan Pemko Padang. (Humas Padang)
Rabu, 18 Mei 2016 07:42 WIB

PADANG - Mengantisipasi jumlah pengangguran di Kota Padang yang masih cukup tinggi, Pemko Padang melalui Dinas Sosial dan Ketenaga Kerjaan (Dinsosnaker) kembali menggelar Pameran Bursa Kerja (Job Fair). Job Fair ini di adakan di G-Sport Center Jl. Gajah Mada dan berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (17-18/5/2016).

Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo sewaktu membuka Job fair tersebut meyampaikan, memang tidak dipungkiri pertambahan jumlah penduduk yang cukup tinggi di Padang bisa dikatakan masih tidak seimbang dengan pertumbuhan lapangan kerja yang ada. Sehingga hal ini mengakibatkan, terus bertambahnya jumlah pengangguran dikarenakan masih sempitnya lapangan pekerjaan.

"Persoalan ini mungkin karena sulitnya informasi pasar kerja yang diterima pencari kerja selama ini. Oleh karena itu melalui Job Fair, informasi mudah diterima dan disebarluaskan kepada para pencari kerja. Sehingga, para pencari kerja akan saling berusaha untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia pada masing-masing perusahaan," terang Walikota.

Mahyeldi melanjutkan, kepada para pencari kerja diharapkan mempersiapkan diri dengan segala kompetensi yang dimiliki. Jangan memilih-milih pekerjaan, karena setiap kesempatan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kemudian itu kepada para pemberi kerja, diharapkan memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap pencari kerja dengan mengutamakan menerima pencari kerja yang berasal dari Kota Padang.

"Kita sangat mengapresiasi pihak perusahaan yang telah membuka lowongan dalam Job Fair ini. Insya Allah pada Agustus nanti bakal digelar kembali Job Fair yang anggarannya dari kementerian. Kita berharap, jumlah perusahaan dan penerimaan pencari kerja akan lebih banyak lagi tentunya," imbuhnya.

Setelah itu Sekretaris Dinsosnaker Padang, Danti Arvan juga menyebutkan, Pameran Bursa Kerja (Job Fair) tersebut diadakan Dinsosnaker sekali dalam setahun. Gunanya tentu, membantu mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja secara langsung, untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas.

"Kita berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan para pencari kerja di Padang sebaik-baiknya," harap Danti Arvan.

Danti menambahkan, tujuan Job Fair kali ini masih dalam rangka menyediakan informasi lowongan pekerjaan, mengurangi tingkat pengangguran, mengurangi calo tenaga kerja, meminimalkan biaya untuk mencari kerja (zerocost), dan mengurangi birokrasi yang berbelit-belit.

"Untuk itu kami imbau kepada pencari kerja, silahkan mendaftarkan diri anda sesuai basic atau kemampuan yang dimiliki berdasarkan lowongan yang ada di masing-masing perusahaan. Untuk persyaratannya sama seperti persyaratan umum dalam melamar pekerjaan. Untuk informasi lebih lengkap silahkan datang langsung ke lokasi," imbaunya.

Kemudian Danti juga memberitahukan, peserta Job Fair di 2016 ini yaitu sebanyak 30 perusahaan yang berasal dari dalam dan luar Kota Padang. Diantaranya yakni, PT Sun Marino Indonesia, PT Honda Gajah Motor, PT Kunango Jantan, PT Toyota Intercom, PT Astra Daihatsu, PT Bank Danamon, PT Bank Mandiri, Hotel Ibis, PT Alfa Mart dan lainnya.

"Job Fair selama dua hari ini diperkirakan akan menyerap tenaga kerja kurang lebih 400 orang. Sebanyak 30 perusahaan peserta Job Fair masing-masing akan memperoleh minimal tiga atau empat orang tenaga kerja baru. Untuk itu kepada pencari kerja, mari bersiap diri dalam segala kompetensi yang ada sehingga daya saing untuk mendapatkan kerja menjadi lebih besar," pungkasnya mengakhiri.

Salah seorang pencari kerja, Santi Aulia (26) mengungkapkan, ia optimis dalam lamaran pekerjaan kali ini ke sebuah perusahaan yang memang cukup lama diminatinya.
"Hari ini saya langsung bisa mendaftar dan memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut. Semoga saja ya saya akan diterima," tuturnya optimis. (David/Bst/Fsl/Nnd)

Editor:Calva
Kategori:Padang, GoNews Group, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/