Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dandim 0310/SSD Lantik Pramuka Saka Wira Kartika Cabang Dharmasraya

Dandim 0310/SSD Lantik Pramuka Saka Wira Kartika Cabang Dharmasraya
Dandim 0310/SSD Letnan Kolonel Inf. Zusnan Hadi Hudaya melantik Pramuka Saka Wira Kartika Cabang Dharmasraya di SMK 01 Timpeh, Dharmasraya.
Senin, 16 Mei 2016 09:30 WIB
Penulis: Eko Pangestu

DHARMASRAYA - Sebanyak 60 orang anggota Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya dilantik oleh Dandim 0310/SSD Letnan Kolonel Inf Zusnan Hadi Hudaya di halaman sekolah SMK 01 Timpeh Kecamatan Timpeh, Dharmasraya, pada hari Minggu sore (15/05/2016).

Dandim 0310/SSD Letnan Kolonel Inf Zusnan Hadi Hudaya sebagai ketua Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya menyatakan dalam acara penutupan bumi perkemahan dan pengukuhan, anggota Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya. Pramuka Saka Wira Kartika adalah Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional.

Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini, wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Maka dari itu pada hari di lantik Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya ini untuk melatih dan menempal mental dan disiplin anggota Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya untuk memberikan yang terbaik kepada generasi muda serta masa depan,pembinahan parmuka Saka Wira Kartika hampir sama dengan meliter tetapi ini merupakan semi meliter yang di terapkan,dalam parmuka Saka Wira Kartika.

Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Kami mengharapkan Saka Wira Kartika cabang Dharmasraya kedepan mengharapakan melaksanak program kegiatan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika memiliki beberapa kegiatan yang meliputi : Latihan rutin Saka Wira Kartika Perkemahan Bakti Wira Kartika.

Perkemahan antar Satuan Karya (Peran Saka) Kegiatan khusus untuk kepentingan tertentu, misalnya; persiapan lomba, ulang tahun Saka Wira Kartika, Hari Pramuka, dan lain-lain.tegas Dandim 0310 SSD. (***)

Editor:Calva
Kategori:Dharmasraya, GoNews Group, Pendidikan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/