Home  /  Berita  /  Umum

Pilwanag Kabupaten Limapuluh Kota 12 Juni 2016

Pilwanag Kabupaten Limapuluh Kota 12 Juni 2016
Kabag Pemnag Setkab Limapuluh Kota, Herman Azmar.(humas)
Rabu, 11 Mei 2016 23:28 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA--Pemungutan suara pada pemilihan walinagari (Pilwanag) secara serentak di Kabupaten Limapuluh Kota bakal digelar 12 Juni 2016. Pesta demokrasi ditingkat pemerintahan terendah itu akan diikuti 52 nagari yang tersebar di 12 kecamatan.

“Kini prosesnya sudah berada pada tahapan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan pengumuman dan pendaftaran bakal calon akan dilaksanakan tanggal 14 sampai 22 Mei,” ungkap Kabag Pemerintahan Nagari Herman Azmar, AP, M.Si didampingi Kasubag M Ranggi Taruna, S.STP kepada GoSumbar.com di ruang kerjanya, Rabu (11/5).

Dikatakan, KPPS sudah terbentuk sesuai jumlah TPS yang direncanakan sebanyak 396 dengan jumlah pemilih keseluruhan 147.483 orang. Belum direncanakan kapan jadwal pelantikannya, namun pengukuhan dan pelantikan juga direncanakan secara serentak kecuali di tiga nagari yang belum habis masa jabatannya.

“Dari 52 nagari yang akan Pilwanag itu, sebanyak 49 diantaranya dipimpin oleh penjabat (Pj) wali nagari, dan hanya 3 nagari yang masih memiliki wali nagari defenitif. Untuk 49 nagari ini akan dilansanakan pengukuhan dan pelantikan serentak, sedangkan tiga nagari lainnya dilakukan setelah masa jabatan wali nagarinya habis,” papar Herman

 Ke tiga nagari yang masih dipimpin wali defenitif  itu adalah Piobang Kecamatan Payakumbuh, Batu Ampa Kecamatan Akabiluru dan Sungai Antuan Kecamatan Mungka. Bila ikut bertarung dalam Pilwanag tersebut, wali nagari incumbent ini harus cuti setelah ditetapkan sebagai calon.

“Sesuai Peraturan Bupati Nomor 9 tahun 2016 tentang tatacara pemilihan dan pelantikan walinagari, penjabat walinagari tidak boleh ikut menjadi calon. Sedangkan bagi wali nagari defenitif diharuskan cuti begitu ditetapkan sebagai calon,” jelas Herman.

Lebih lanjut dikatakan, dalam Pilwanag ini telah ditetapkan jumlah bakal calon minimal dua orang. Bila kurang dari dua maka panitia akan memperpanjang waktu pendaftaran. Sementara jika jumlah bakal calon lebih dari lima maka akan dilakukan seleksi tambahan hingga menjadi lima calon saja.

Untuk suksesnya Pilwanag ini, Herman menghimbau seluruh pihak terutama masyarakat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi tersebut. Karena rencana waktu pencontrengan nantinya jatuh pada bulan Ramadhan, diharapkan tidak mengganggu ibadah puasa masyarakat.

Menyoal nagari mana saja yang akan melaksanakan Pilwanag itu, lebih jauh Herman memaparkan nagari terbanyak berada di Kecamatan Harau dengan 10 nagari disusul masing-masingnya 6 nagari di Suliki dan Akabiluru. Berikutnya Kecamatan Payakumbuh, Lareh Sago Halaban, Pangkalan dan Kapur IX masing-masingnya 5 nagari. Sedangkan Kecamatan Mungka sebanyak 2 nagari serta Kecamatan Luak dan Gunuang Omeh masing-masingnya hanya 1 nagari.

“Hanya Kecamatan Guguak yang tidak ada yang akan melaksanakan pemilihan,” sebut Herman..***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/