Home  /  Berita  /  Peristiwa

Kabar Duka, Penyusun Buku 'Ibu Budi' Siti Rahmani Rauf Meninggal Dunia

Kabar Duka, Penyusun Buku Ibu Budi Siti Rahmani Rauf Meninggal Dunia
Jenazah Almarhumah saat setelah di solatkan. (Kompas)
Rabu, 11 Mei 2016 15:03 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Kabar duka datang dari dunia pendidikan. Perempuan yang memperkenalkan metode baca 'Ini Budi', yakni Siti Rahmani Rauf, telah meninggal dunia. "Innalilahi Wa Inna Ilaihi Rajiun. Telah berpulang dengan tenang Ibu Siti Rahmani Rauf," kata putrinya Karmeni Rauf, Rabu (11/5/2016).

Siti meninggal pada usia 97 tahun pada Selasa (10/5) pukul 21.20 WIB tadi malam. Pihak keluarga berdoa agar Siti diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa."Kami anak-anaknya mohon dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya buat Almarhumah dan semoga diterim adi sisi ALlah SWT. Amin," kata perempuan yang akrab disapa Eni ini.

Sosok Siti Rahmani Rauf (97) itulah yang dulu menciptakan alat peraga metode baca "Ini Budi", membantu jutaan anak Indonesia era 80-90 an jadi mudah membaca dan mengenal bahasa Indonesia. Rumah duka berada di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

"Mami pulang dengan tenang. Saat-saat terakhirnya, mami dikelilingi oleh anak dan cucunya," ujar anak ketiga Siti, Asrani Rauf ke awak media.

Asrani menuturkan, ibundanya memang sudah lama mengidap penyakit diabetes. Namun, sebelum mengembuskan napas terakhirnya, ibundanya sehat. "Mami sebelum meninggal tidak merasakan sakit. Mami meninggal dengan tenang," ucapnya.Siti meninggalkan enam orang anak, terdiri dari tiga anak perempuan dan tiga anak laki-laki. Jenazah Siti dishalatkan di Masjid Al Istiqomah yang berada tak jauh dari kediamannya. Rencananya, setelah dishalatkan, jenazah Siti akan dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Siti Rahmani Rauf merupakan sosok pegiat pendidikan yang terkenal dengan karyanya buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia pada era '80-an atau '90-an. Ia dikenal dengan karyanya bagi siswa sekolah dasar, "Ini Budi", dan dipakai di sejumlah kota di Indonesia. ***

Sumber:Berbagai Sumber
Kategori:Peristiwa, Pendidikan, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77