Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade di UEA 
Olahraga
24 jam yang lalu
Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade di UEA 
2
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter 'Espresso'
Umum
23 jam yang lalu
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter Espresso
3
Nicholas Saputra Soroti Peran Penting Anak Muda Diakui Sebagai Agen Perubahan
Umum
24 jam yang lalu
Nicholas Saputra Soroti Peran Penting Anak Muda Diakui Sebagai Agen Perubahan
4
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
10 jam yang lalu
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan
AITIS Jadi Ajang Tukar Pikiran Sesama Kepala Daerah

Setelah Cicipi Rendang, Sejumlah Bupati Ingin Datang ke Limapuluh Kota

Setelah Cicipi Rendang, Sejumlah Bupati Ingin Datang ke Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi berfoto bersama sejumlah bupati lainnya di samping stand daerah ini pada pameran acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Internasional Trade And Invesment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta Internasion
Senin, 09 Mei 2016 23:05 WIB
Penulis: M.Siebert
LIMAPULUH KOTA--Acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Internasional Trade And Invesment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta Internasional Expo, tampaknya benar-benar menjadi ajang silaturahmi dan bertukar pikiran bagi Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dengan sejumlah bupati lainnya.

Dalam diskusi itu Irfendi dan para kepala daerah lainnya seperti Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos, M.Ap, Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dan Bupati Merauke  Fredy Gebze serta Wabup Ketapang Suprapto lebih memfokuskan pembicaraan buat percepatan pembangunan serta pengelolaan potensi daerah.

Selain berdiskusi serius, para pimpinan daerah lain tersebut juga sempat mencicipi berbagai produk makanan spesifik Limapuluh Kota seperti rendang. Seolah dikomando, semua bupati yang menjadi sahabat Irfendi itu senada mengakui makanan khas daerah ini memiliki rasa yang sangat enak.

“Rendangnya sangat enak. Saya suka sekali,” ujar Bupati Merauke Fredy Gebze yang dianggukan bupati lainnya sembari meminta meminta alamat dan brosur tentang randang kepada penjaga stand daerah ini.

            Disamping menyuguhkan aneka rendang, dalam kesempatan itu Irfendi juga menceritakan potensi objek wisata Lembah Harau yang memiliki tebing batu terjal yang fenomenal, ply over Kelok Sambilan yang disebut-sebut tertinggi di Indoensia bahkan Asia Tenggara serta lokasi peternakan BPTU Padang Mengatas yang kini lebih dikenal sebagai New Zeland-nya Indonesia.

Masih potensi pariwisata, Irfendi juga menjelaskan tentang menhir peninggalan zaman purbakala di Nagari Maek yang dikenal dengan sebutan negeri seribu menhir serta potensi wisata Bukik Posuak.

Sementara di bidang perkebunan, Irfendi menceritakan tentang keunggulan Limapuluh Kota yang menjadi produsen gambir terbesar di dunia. Begitu pula di bidang pertambangan, daerah ini terutama di kawasan Manggani Gunuang Omeh juga memiliki potensi pertambangan seperti emas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

“Untuk menggarap beragam beragam potensi itu, kami butuh investor,” papar Irfendi sembari mengatakan kegiatan pameran seperti AITIS ini sangat bermanfaat buat mempromosikan berbagai potensi daerah ke berbagai pihak terutama investor.

Mendengar penjelasan Irfendi, sontak para bupati lainnya menyatakan sangat ingin berkunjung ke Luak Limo Puluah ini.

“Kami sangat ingin berkunjung ke Limapuluh Kota. Mudah-mudahan suatu saat kami bisa sampai di negeri yang indah dan memiliki potensi wisata Lembah Harau dan Kelok Sambilan itu,” tutur bupati lainnya.

Senada dengan Irfendi, sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo ketika didampingi Bupati Limapuluh Kota ini mengunjungi berbagai stand pameran AITIS juga berharap kegiatan AITIS menjadi ajang promosi berbagai produk daerah dan menemukan investor bagi masing-masing daerah.

“Kita berharap pameran berbagai produk daerah dalam kegiatan AITIS ini daerah mampu menarik minat investor,” simpul Mendagri di hadapan Irfendi.

            Usai berdiskusi dengan sejumlah bupati lainnya itu, Irfendi juga diminta pihak media Berita Daerah untuk mengekpose dan mempromosikan berbagai potensi daerah ini.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/