Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Walikota Payakumbuh : Program Disdukcapil Berpihak pada Kepentingan Masyarakat

Walikota Payakumbuh : Program Disdukcapil Berpihak pada Kepentingan Masyarakat
H. Riza Falepi, Wako Payakumnbuh
Minggu, 08 Mei 2016 19:48 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH-Rencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh merupakan rangkaian kegiatan yang berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas organisasi, efisiensi anggaran, optimalisasi sumber daya manusia dan pemantauan kinerja berorientasikan pelayanan publik.  

Program dan kegiatan Disdukcapil, jelas aja untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, religius dan berbudaya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, “ujar Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi kepada koran ini, kemarin.
 
Dijelaskan Wako Riza Falepi, dalam rencana strategis tersebut diformulasikan perwujudan pandangan ideal yang akan dicapai dimasa yang akan datang. Untuk itu dibutuhkan dukungan penuh dari seluruh komponen, unsur pimpinan dan staf, dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat dalam pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan.
 
Untuk merealisasikan keinginan, harapan dan cita-cita luhur dalam pelayanan publik, rencana tersebut dituangkan dalam visi, misi, tujuan, dan pengukuran kinerja yang berkaitan erat dengan tugas pokok dan fungsi organisasi secara jelas dan praktis serta didasarkan pada hasil pengujian faktor internal dan eksternal, sehingga didapatkan rumusan tujuan, alokasi sumber daya, dan pencapaian sasaran yang berguna bagi Disdukcapil dalam kurun waktu yang ditentukan.
 
Penyusunan Renstra tersebut mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Payakumbuh 2012-2017, dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Kota Payakumbuh 5 tahun ke depan.
 
 
Renstra Disdukcapil Kota Payakumbuh Tahun 2012-2017, setiap komponen organisasi perangkat daerah dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah memerlukan langkah-langkah strategis dalam rangka mewujudkan good service dan good governance (pelayanan yang baik dan pemerintahan yang baik) dan berpihak pada kepentingan masyarakat.
 
Rencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada dasarnya merupakan langkah awal dari serangkaian tindakan dan kegiatan mendasar yang disusun untuk diimplementasikan guna mencapai visi dan misi Disdukcapil sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
 
Untuk menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi tersebut, Disdukcapil mempunyai program kerja yang dalam pelaksanaannya masih belum optimal dan perlu peningkatan kemampuan dan keterampilan aparatnya agar dapat melaksanakan pelayanan berkualitas kepada seluruh warga masyarakat atau stakeholder.
 
Kelemahan dan kekurangan Disdukcapil kiranya perlu dianalisa dan dicarikan rumusan masalah yang sedang dihadapi dengan mengidentifikasi berbagai faktor internal yaitu kekuatan (strength ) dan kelemahan (weakness) dan faktor eksternal berupa peluang (opportunity) dan ancaman (threats), maka dirumuskan bagaimana meningkatkan profesionalitas aparatur dalam pelayanan administrasi kependudukan.
 
“Dengan upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja yang lebih optimal sehingga menjadi acuan di lingkungan Disdukcapil Payakumbuh dalam mengembangkan kinerja dan profesionalismenya, “ujar Wako Riza Falepi.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pemerintahan, Payakumbuh
wwwwww