Home  /  Berita  /  Umum

Kota Payakumbuh Masuk Nominasi Lima Besar Nasional Lomba PHBS 2016

Kota Payakumbuh Masuk Nominasi Lima Besar Nasional Lomba PHBS 2016
Tim Penilai Pusat sedang melakukan verifikasi di Kota Payakumbuh. (Humas)
Sabtu, 07 Mei 2016 08:30 WIB

PAYAKUMBUH - Kota Payakumbuh kembali jadi perhatian pemerintah pusat. Kali ini, kota yang terkenal dengan kulinernya ini, masuk nominasi lima besar nasional dan mempertaruhkan nama baik  Sumatera Barat dalam  Lomba PKK KB-Kes  Kategori PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) 2016. 

Tiga tim penilai pusat masing-masing drg. Grace Lovita Tewu, M.Sc (CHHM), Irma Guspita Dewi, SKM dari Kemenkes RI dan Irene Rozalinda dari TP-PKK Pusat, melakukan verifikasi ke Payakumbuh, Selasa (3/5/2016).

Dalam Lomba PKK KB-Kes Kategori PHBS itu, Sumatera Barat diwakili PKK Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat. Di kelurahan berpenduduk 1.536 jiwa itu, 10 indikator PHBS sudah berjalan dengan baik. Bukan dalam rangka lomba, tapi kesepuluh indikator itu sudah membudaya sejak lama, sebut Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Hj. Henny Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Pakan Sinayan Ny. Heny Zailendra, ketika mengekspose kegiatan PHBS dalam acara penilaian.

Kedatangan tim penilai di Payakumbuh, mendapat sambutan hangat dari seluruh elemen masyarakat, jajaran pemerintah, pengurus dan kader PKK dan tokoh adat kota setempat. Dari jajaran Forkopinda juga hadir Walikota H. Riza Falepi, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolresta AKBP Yuliani dan sejumlah yang mewakili anggota Forkopinda,serta sejumlah pimpinan SKPD terkait dan Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal dan Lurah Pakan Sinayan Zailendra dan undangan lainnya.

Sebelum ke lapangan, tim penilai pusat didampingi Ketua TP-PKK Sumatera Barat diwakili Fatmawati bersama Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny, Dr. Hj. Henny Riza Falepi dan Kepala BPMP-KB Yummardius, Kadiskes Elzadaswarman, dijamu makan khas Payakunbuh oleh Walikota Riza Falepi dan Sekdako H. Benni Warlis, di ruang kerja walikota.

Kemajuan yang dicapai PKK Pakan Sinayan dalam kegiatan PHBS, sudah dilaporkan dalam bentuk profil ke tim penilai pusat jauh hari sebelumnya. “Kita datang hanya sekedar melakukan verifikasi dari profil PHBS Pakan Sinayan yang sudah kami terima,” kata ketua tim penilai Irene.

Menurut ketua tim, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan Gerak PKK, terutama dibidang PHBS di Pakan Sinayan terbilang tinggi. Ia menilai dukungan ninik mamak yang disampaikan Sy. Dt. Rajo Imbang, Walikota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, wujud dari keseriusan pemko, TP-PKK dan masyarakat Pakan Sinayan dan Payakumbuh dalam kegiatan PHBS.

Selama di lapangan, tim mewawancarai sejumlah kader PKK, anggota Dasawisma dan Posyandu dalam menerapkan 10 indikator PHBS. Di antaranya, dalam memelihara dan meningkatkan lelestarian lingkungan, persalinan dengan tenaga kesehatan, jamban sehat, pemberantasan jentik, pemanfaatan air bersih, makan sayur dan buah dan tidak merokok dalam rumah.

“Saya sangat senang berada di Payakumbuh, ternyata profil PHBS Pakan Sinayan yang diberikan kepada tim penilai, sudah diaplikasikan oleh masyarakat kelurahan ini. Mudah-mudahan, terus dikembangkan dan ditingkatkan. Karena, tujuan kegiatan Gerak PKK dengan 10 pokok programnya, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas,” kata Irene.

Penilaian PHBS Nasional itu, juga dimeriahkan dengan penampilan operet prilaku hidup bersih dan sehat yang ditampilkan kader PKK, karang taruna dan pelajar TK Nurul Falah dan SDN Pakan Sinayan. Dengan judul operet Jamban Sehat, penampilan Sipementik (Siswa Pemantau Jentik) dan cuci tangan pakai sabun. (***)

Editor:Calva
Sumber:Payakumbuhkota.go.id
Kategori:Umum, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwww