Ingat! Prilaku dan Etika Masyarakat Pengaruhi Kunjungan ke Objek Wisata

Ingat! Prilaku dan Etika Masyarakat Pengaruhi Kunjungan ke Objek Wisata
Kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Pessel. (Humas Pessel)
Kamis, 05 Mei 2016 15:30 WIB

PAINAN - Menjual pariwisata adalah industri jasa yang erat hubungannya dengan etika dan prilaku. Prilaku dan sikap masyarakat disekitar objek wisata sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan. Jika wisatawan tak merasa nyaman dengan sikap masyarakat, tentunya tak ingin kembali lagi ke objek tersebut. Bahkan, informasi buruknya prilaku masyarakat sekitar objek, akan disampaikan ke masyarakat lainnya.

Hal ini ditegaskan Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Sumbar Federda. Untuk itu, sapta pesona di destinasi wisata perlu diberdayakan. Masyarakat ini memainkan peran penting guna mewujudkan kunjungan wisatawan.

"Pengembangan pariwisata adalah meningkatkan kunjungan wisatawan, tugas pemerintah hanyalah melengkapi sarana dan prasarana. Selanjutnya masyarakat yang harus berperan serta. Sehingga mendapatkan manfaat dari pengembangan pariwisata tersebut," ujarnya pada kegiatan pelaksanaan kegiatan peningkatan dan pengembangan gerakan sadar di Kenagarian Sei Nyalo, akhir bulan April 2016, dilansir dari pesisirselatankab.go.id.

Masyarakat harus mampu mencari peluang usaha dalam bidang pariwisata. Sehingga nantinya manfaat bisa didapatkan sehingga ekonomi bisa meningkat. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini terwujudnya peningkatan pelayanan kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga Pessel Gunawan mengungkapkan kegiatan pemberdayaan ini memang harus dilakukan segera. Sebab perkembangan pariwisata telah berjalan.

Pada kegiatan ini juga hadir sebagai narasumber dari ASITA diwakili oleh Mulyandri dan Pelaku Wisata Sumbar Zuhrizul. Menurut Mulyadri secara umum pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara aktu yang diselengarakan dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Pelaku Wisata Sumbar Zuhrizul mengungkapkan sebuah kawasan wisata yang baik tidak hanya mengedepankan objek wisata unggulan. Namun harus ditunjang dengan masyarakat yang sudah menyadari seberapa besar potensi wisata yang ada di daerah tersebut. (***)

Editor : Calva
Sumber : Pesisirselatankab.go.id
Kategori : Pesisir Selatan, GoNews Group, Ekonomi

Loading...
www www