Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
3 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
3
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
2 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Pendidikan

Payakumbuh Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pendidikan

Payakumbuh Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan Pendidikan
Ketua DPRD nSumbar Hendra Irwan Rahim menyerahkan trofi kepada Walikota Riza-Falepi
Rabu, 04 Mei 2016 06:28 WIB
Penulis: Bayu De Nura

PAYAKUMBUH--Kota Payakumbuh kembali mencatat prestasi prestisius dibidang pendidikan. Kota berpenduduk sekitar 127 ribu jiwa lebih itu ditetapkan sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik Pertama antar-kota di Sumatera Barat Tahun 2016. Sementara, untuk kategori kabupaten, terbaik pertama direbut Kabupaten Tanah Datar. Dharmasraya dan Limapuluh Kota terbaik II dan III.

 

Kepastian Payakumbuh sebagai Pengelola Pendidikan Terbaik Urutan Pertama antarkota di Sumatera Barat, disampaikan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016, Tingkat Sumatera Barat di halaman Kantor Gubernur di  Padang, Senin (2/5). Di bawah Payakumbuh, Pengelola Pendidikan Terbaik II dan III diraih Kota Padangpanjang dan Kota Bukittinggi.
Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit bersama Ketua DPRD  Ir.H.Hendra Irwan Rahim menyerahkan penghargaan  dan trofi atas prestasi tersebut kepada Walikota H. Riza Falepi dihadapan ratusan peserta upacara Hardiknas, anggota Muspida dan pejabat di jajaran Pemprov Sumatera Barat dan sejumlah bupati dan walikota yang hadir.
Tidak sebatas pengelola pendidikan terbaik untuk kota, SMAN 1 Payakumbuh juga mengukir prestasi  dalam bidang yang sama. Dari 19 kota dan kabupaten di Sumbar, SMAN 1  Payakumbuh berada  diurutan ke-6. Urutan pertama milik SMAN 1 Padang, disusul SMAN 1 Tanah Datar dan SMAN 1 Bukittinggi ditempat II dan III. SMAN 1 Akabiluru Limapuluh Kota berada di urutan 12.
Kepala SMAN 1 Payakumbuh Drs. Delfizal, M.Pd bersama Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd, juga  menerima trofi dan penghargaan dari Sekdaprov Sumbar H. Ali Asmar.  Walikota Riza Falepi sukses mewujudkan visinya dalam meningkatkan mutu pendidikan, menjelang empat tahun kepemimpinannya bersama Wawako H. Suwandel Muchtar, September mendatang.
 “Saya senang dan lega, janji politik jelang Pilkada yang tertuang dalam RPJMD Payakumbuh 2012-2017, menjadi yang terbaik di Sumatera Barat untuk urusan pendidikan sudah tercapai, ” tegas Riza.
Selain pendidikan bermutu, pendidikan berakhlak mulia, Walikota Riza Falepi dengan dukungan DPRD juga fokus membangun fisik seluruh sekolah di Payakumbuh. Malahan selama kepemimpinan Riza Falepi, juga dibangun  tiga sekolah baru, yaitu SMPN 10 di Kapalo Koto dan SMAN 5 yang disiapkan untuk boarding school di Balai Panjang, keduanya di Payakumbuh Selatan. Kemudian SMKN 4 di Parik Muko Aie, Kecamatan Latina.
Tahun ajaran 2016/2017, SMAN 5 akan menerima 2 lokal siswa boarding school, selain 4 lokal reguler. Mantan Kepala SMAN 1 Payakumbuh Resnulius, M.Pd, dipercaya walikota untuk menggenjot prestasi SMAN 5 Boarding School itu. Kemudian, SMKN 4, satu-satunya SMKN IT di Sumatera Barat, dengan 3 jurusan, yaitu Teknik Komputer Jaringan, Multi Media dan Teknik Perangkat Lunak. Tahun ajaran ini, SMKN 4 menerima 6 lokal siswa baru.
 “Payakumbuh sudah menjadi tujuan pendidikan di Sumatera Barat, karena mutu dan fisik sekolahnya yang terus membaik dari tahun ke tahun,” tambah Kadisdik Hasan.
Salah satu indikatornya dalam mengantarkan Payakumbuh sebagai pengelola pendidikan terbaik, dinilai dari tingkat kelulusan dan jumlah siswa SLTA yang diterima di perguruan tinggi.  Selain hasil nilai UN sekolah atau  individu siswanya pada setiap jurusan. Selain itu, komptensi guru juga ikut memberikan kontribusi tinggi dalam pengelolaan pendidikan terbaik.
Data yang diterima di Dinas Pendidika Payakumbuh, tahun  ajaran 2014/2015, dari 3.445 yang lulus UN, 1.440 (40%) diterima kuliah di 12 perguruan tinggi negeri nasional. Di antaranya, di ITB (15 orang), IPB (26), Unpad (14), Undip (7), UGM (26), UI (14), USU (9), UNRI (5), Unand (271) dan UNP (162). Rinciannya, dari 1.427 yang lulus pada SMA negeri/swasta, diterima di perguruan tinggi negeri 916 siswa (64%), MA dari 379 siswa diterima 293 (77%), SMK dari 1.639 siswa diterima 237 (14%).
SMAN 1 Payakumbuh sendiri, meluluskan 300 (96%) dari 317  siswanya pada PTN ternama di  Indonesia. Kepala SMAN 1 Delfizal, punya obsesi, tahun ini jumlah siswanya akan lebih banyak lagi diterima di PTN. “Saya optimis SMAN 1 Payakumbuh akan menjadi yang terbaik di Sumbar tahun depan” tegasnya.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77