Home  /  Berita  /  GoNews Group

Lomba Barundiang Panjang Dimenangkan Pasangan Hamidah dan Wilda Hayati

Lomba Barundiang Panjang Dimenangkan Pasangan Hamidah dan Wilda Hayati
Pasangan Hamidah dan Wilda Hayati, Juara Barundiang Panjang
Rabu, 04 Mei 2016 10:59 WIB
Penulis: Bayu De Nura

PAYAKUMBUH--Ibu-ibu kader PKK dan Dasawisma  di Payakumbuh juga piawai dalam barundiang, layaknya seorang ninik mamak. Untuk menguji kemampuan ibu-ibu dalam barundiang, memainkan kato malereng, kato mandata dan kato mandaki dan kato manurun dalam bahasa Minang,  TP-PKK Balai Gurun Kelurahan Balai Tongah Koto, Kecamatan Payakumbuh Utara, menggelar kegiatan Lomba Barundiang Panjang (LBP) antar anggota Dasawisma tingkat  kelurahan, Sabtu (29/4).

 

Kegiatan yang baru pertama kali digelar TP-PKK Balai Gurun itu berlangsung di kantor kelurahan setempat, dihadiri langsung Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, MM Lurah Balai Tongah Koto  A. Syafnil,  Ketua LPM Alhadi Hamid dan sejumlah tokoh masyarakat  serta unsur ninik mamak dan bundo kanduang.
Dari hasil pengamatan duet dewan juri  HI. Dt. Rajo Muntiko Alam (niniak amak) dan Hj. Yennita (bundo kanduang), tampil sebagai pemenang pasangan  Hamidah dan Wilda Hayati  dari Dasawisma RW 2, dengan meraup nilai tertinggi 979. Sedangkan, pasangan  Fitrawati dan Devi Susanti dari Dasawisma  RW 1 harus puas sebagai juara II dengan raupan nilai 950. Kemudian pemenang III milik pasangan  Febi Handayani dan Edrawati dari Dasawisma RW 2, dengan nilai 905, ketiganya dari Kelurahan Balai Tongah Koto.
Sementara itu, pemenang harapan I/II/III juga milik Dasawisma kelurahan tuan rumah. Masing-masing pemenang harapan I pasangan  Ulva Meriani dan Mentari  dari RW  2, pemenang harapan II  Masayu Damanik dan Momoy Erika dari RW 1 dan pasangan  Sustri Yohana dan Helmawati dari RW 1.
Selain LBP, TP-KK  Balai Gurun juga menggelar Lomba Mars Dasawisma (LMD) yang melibatkan seluruh kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Utara. Untuk kegiatan LMD itu, dewan jurinya terdiri dari Rasminaldi Enda Rahmi, S.Sn, CHt (Arangger),  YM. Dallu Awartha (praktisi seni dan penyiar Harau FM). Hasil pengamatan juri, tampil sebagai pemenang I/II/III  PKK Balai Gadang, PKK Balai Cacang dan Balai Baru.
Ketua PKK Balai Gurun Daira Dea Suraswati, didampingi sekretarisnya Fitrawati, menginformasikan, kegiatan dalam rangkaian memperingati Hari Kartini 2016 itu, dalam rangka mencari bibit bagi kaum ibu yang mampu barundiang panjang. Jika kaum ibunya sudah mampu barundiang, maka ketrampilan yang sama akan mudah diwarisi kepada anak-anaknya. Sehingga nanti, di Payakumbuh akan banyak generasi muda yang mahir dalam barundiang, sebut Dea.
Di bagian lain, PKK Balai Gurun juga menggelar kegiatan lomba permainan anak nagari yang cukup menghebohkan dan menggelitik penonton. Seperti lomba permainan holaho dan joget dengan balon. Kemudian kegiatan out bond, sebagai ajang diskusi bagi kelompok Dasawisma dan PKK.***

wwwwww