Home  /  Berita  /  Pendidikan

Wariskan Cerita Rakyat, Pemko Pariaman Gelar Lomba Bercerita Palajar Sekolah Dasar

Wariskan Cerita Rakyat, Pemko Pariaman Gelar Lomba Bercerita Palajar Sekolah Dasar
Para pelajar yang ambil bagian dalam Lomba Bercerita di Kota Pariaman. (Humas)
Senin, 02 Mei 2016 10:50 WIB

PARIAMAN - Guna melestarikan dan mewariskan cerita rakyat kepada generasi muda agar nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sebuah cerita daerah dapat diteladani, Pemko Pariaman mengadakan loma bercerita bagi pelajar sekolah dasar. Ini juga dimaksud sebagai upaya menjadikan  filter atau menyaring budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya kita.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman yang diwakili oleh Kepala Bidang Paud dan SD, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kota Pariaman Kasni dalam acara pembukaan lomba bercerita anak tingkat SD/MI se-Kota Pariaman. hadir dalam acara tersebut Kasubag Dokumentasi dan Perpustakaan, Humas Kota Pariaman Elfadri, yang juga sebagai ketua panitia acara dan jajaran, Kepala Sekolah SD/MI se-Kota Pariaman, Orangtua Siswa peserta lomba dan peserta lomba bercerita yang mengikuti perlombaan ini.

“Diharapkan dengan cerita yang disampaikan, dapat kita ambil hikmah yang terkandung dalam cerita tersebut, baik tentang cerita kepahlawanan maupun legenda daerah yang nantinya dapat meningkatkan rasa nasionalisme, sikap kreatif, jujur, mandiri, religious, disiplin, kerja keras, cinta damai, sikap persahabatan dan peduli lingkungan, yang kesemuannya akan mengacu pada peningkatan sikap gemar membaca,” tukas Kasni dikutip dari pariamankota.go.id.

Dalam sambutan Panitia Penyelenggara Acara Elfadri mengatakan Pelaksanaan Lomba Bercerita ini berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 27-28 April 2016 di Balairung rumah dinas walikota pariaman, dengan jumlah peserta 41 siswa. Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI baik negeri maupun swasta Tingkat Kota Pariaman, mengambil tema, Menumbuh kembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Inovasi serta Daya Kompetitif Bangsa, ujarnya.

Ads

“Tujuan lomba bercerita ini untuk mengembangkan kegemaran membaca di tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan melestarikan aneka budaya daerah (lokal) serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa”, tutupnya.

Dari penilaian para juri, akhirnya diperoleh pemenang untuk lomba bercerita anak tingkat SD/MI ini, yaitu Pemenang I diraih oleh Siti Aliani Husna dari SDN 12 Cimparuh, Pemenang II diraih Sahira Wahida dari SDN 08 Apar, Pemenang III diraih oleh Syaikh Zafran Dhartika dari SDN 08 Kp. Jawa. Untuk Harapan I diraih oleh Hanifa Salsabila dari SDN 23 Balai Nareh dan Harapan II didapa oleh Muhammad Dicky H.H dari SDIT Mutiara. Untuk Pemenang I akan mewakili Kota Pariaman dalam lomba bercerita tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar bulan Mei mendatang. (humas)

Editor:Calva
Sumber:Pariamankota.go.id
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Pariaman
wwwwww