Home  /  Berita  /  Umum

Bilang Rumah Gadang Berasal dari Papua, Pengamat Budaya: Ayu Ting Ting Harus Belajar Sejarah

Bilang Rumah Gadang Berasal dari Papua, Pengamat Budaya: Ayu Ting Ting Harus Belajar Sejarah
Ayu Ting Ting saat masih terlihat mesra dengan Shaheer Sheikh. (net)
Sabtu, 30 April 2016 14:03 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Pengamat Budaya Ahmad Suseno menyarankan agar Ayu Ting Ting lebih belajar soal sejarah kebudayaan tanah air. Pasalnya, masak Ayu tidak tahu kalau rumah gadang itu berasal dari Sumatera Barat.

Karena menurut AS, panggilan akrab Ahmad Suseso, kelihatanya memang sepele hanya salah sebut nama daerah, namun akibatnya akan sangat fatal ketika Ayu Ting Ting sebagai artis atau publik figur salah mempromosikan kebudayaan nusantara.

Hal tersebut diungkapkanya kepada GoRiau.com (GoNews Group) saat dimintai komentar tentang pernyataan Ayu Ting Ting yang menyebut Rumah Gadang berasal dari Papua di salah satu acara Tv India.

"Ada beberapa kemungkinan, pertama karena tidak tahunya Ayu soal sejarah budaya, dalam hal ini rumah adat Sumatera Barat. Atau dia memang sembarang ngomong atau asal saja, ketiga kalau saya lihat dari tayangan videonya memang tidak ada unsur kesengajaan tapi sangking asiknya dengan Shaheer sampai lupa dari daerah mana Rumah Gadang itu," terang Ahmad Suseno kepada GoRiau.com, Sabtu (30/04/2016) siang.

Lanjutnya, untuk para artis lain hendaknya agar lebih banyak membaca tentang sejarah dan kebudayaan. Ini dinilai penting karena sebagai publik figur, apapun tingkah laku dan omongannya akan menjadi sorotan. "Kita tidak bisa pungkiri, dari merekalah sebagai pelaku seni, kebudayaan kita bisa dikenal bahkan sampai keluar negeri. Tapi ya jangan sampai salah memberikan informasi, bahaya, coba bayangkan jika orang India yang melihat terus penasaran mau lihat Rumah Gadang dan pergi ke Papua gimana?," tukasnya.

Dengan kejadian ini kata Suseno, perlunya asosiasi keartisan memberikan edukasi tentang kebangsaan, kebudayaan dan sejarah. "Iya seperti kasus Zaskia Gotik yang bikin heboh gara-gara ketidaktahuanya soal pilar-pilar kebangsaan, ini harusnya menjadi perhatian para pengurus asosiasi keartisan," pungkasnya. ***

Kategori:Umum, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/