Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Sabtu Pagi, Menko PMK Kunjungi Limapuluh Kota

Wabup Harap LPK Jadi Agen Sayang Jompo Nasional

Wabup Harap LPK Jadi Agen Sayang Jompo Nasional
Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.(tri)
Jum'at, 29 April 2016 20:52 WIB
Penulis: Tri Nanda
LIMAPULUH KOTA-Kunjungan Kerja Menteri Kordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia  (Menko-PMK) Puan Maharani bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya ke Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu 30/4) akan dipusatkan di Pasar Sarilamak, objek wisata Lembah Harau dan Kelok Sambilan. Sedangkan rencana ke Pondok Pesantren Almanar Batu Ampar dan Lurah Kinciea Situjuah dipastikan batal karena keterbatasan waktu.

             Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan menyampaikan itu di hadapan para pegawai di halaman kantor bupati setempat, Jumat (29/4).

            “Kedatangan menteri ini sekaligus untuk mencanangkan gerakan revolusi mental dan gerakan sayang jompo yang direncanakan akan dimulai tahun 2017. Kita ingin gerakan sayang jompo ini dicanangkan untuk tingkat nasional dan kita adalah agen pertama atau penggagas pertama di Indonesia. Kita berharap ini dapat terwujud,” ungkap Ferizal.

            Selain itu, lanjut Ferizal, menteri juga akan meresmikan pemakaian bangunan Pasar Sarilamak sekaligus penyerahan sejumlah bantuan sosial bagi keluarga miskin dan bantuan kesehatan serta lainnya. Sedangkanmenteri dan pejabat lainnya yang akan mendampingi Menko PMK antara lain Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan kepala BKKBN Pusat.

Pada bagian lain Kabag Humas dan Protokoler Setkab Limapuluh Kota Muhamad S, S.Pd kepada wartawan mengatakan, sesuai rencana Menko PMK-RI dan rombongan akan sampai di Sarilamak sekitar pukul 10.50 Wib. Dalam kunjungan kerja itu Menko akan menyerahkan sejumlah bantuan dari Kemensos yang antara lain bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos bagi 5.267 keluarga penerima, 300 paket bantuan sandang bagi penerima PKH, satu unit motor TRC dan penyerahan simbolis bantuan Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (KUBE).

Disamping itu juga akan diserahkan bantuan Merek bagi 5 IKM dan bantuan Design juga buat 5 IKM dari Kementerian Perindustrian dan bantuan makanan pengganti air susu ibu (MP ASI ) dari Kemenkes. Berikutnya, bantuan Alquran sebanyak 60 buah, 6 mesin jahit bordir dari Bank Mandiri, 8 BKB Kit dari BKKBN serta hak kekayaan intelektual dari Kemenkop UKM bagi 1 UKM.

Usai penyerahan bantuan, acara dilanjutkan dengan peluncuran gerakan nasional revolusi mental orang tua asuh jompo serta peresmian pasar rakyat Sarilamak sekaligus peninjauan pasar yang berada tidak jauh dari komplek kantor Bupati Limapuluh Kota. Dalam kunjungan kerjanya itu Menko PMK juga akan meninjau objek wisata lembah Harau dan Kelok Sambilan.

“Menko diperkirakan akan meninggalkan Kabupaten Limapuluh Kota sekira pukul 12.45 Wib. Sesuai rencana, Menko Puan Maharani akan kita jamu makanan spesifik Pangek Nila, Cancang Kambing, dan Sate Danguang-danguang di Lembah Harau,” ujar Muhamad.***

wwwwww