Home  /  Berita  /  Umum

Menpar Arief Yahya: Jika Berkunjung ke Sabang, Jangan Lupa ke Pulau Rubiah

Menpar Arief Yahya: Jika Berkunjung ke Sabang, Jangan Lupa ke Pulau Rubiah
Keindahan bawah laut di Pulau Rubiah, Sabang Aceh. (foto: Sabangmarine.com)
Selasa, 26 April 2016 22:30 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Jika Anda berkunjung ke Sabang, pastikan Anda tak luput menulis Rubiah di dalam daftar kunjungan Anda, selain lokasinya yang bikin betah, Rubiah juga punya banyak cerita dibalik keindahanya.

Bahkan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya berpesan, jika anda berkunjung ke Sabang Aceh, lokasi yang wajib dikunjungi adalah Pulau Rubiah. "Disana bukan cuma indah saja, tapi pulau itu sudah menjadi lokasi favorit para Diving baik dari Indonesia maupun luar negeri. Ya kalau sudah di Sabang gak mampir ke Rubiah rugi sekali," ucap Arief Yahya kepada GoAceh.co, Selasa (26/04/2016) malam.

Berikut ini letak dan sejarah singkat pulau Rubiah, yang berhasil dirangkum GoAceh.co dikutip dari Sabangmarine.com.

Pulau Rubiah letaknya ada di seberang Pantai Iboih, di Sabang, dan konon katanya, Rubiah sendiri berasal dari nama Nyak Rubiah, salah satu keramat dari 44 keramat yang menjaga Kota Sabang.. Rubiah adalah tempat tinggal para penghuni laut seperti kepiting, anemon laut, clown fish, gurita, cumi-cumi, lion fish, dan terumbu karang yang alami.

Dahulu pada masa kerajaan Aceh, tempat ini pernah digunakan sebagai lokasi transitnya para jemaah haji yang akan berlayar menuju mekkah. Tempat ini juga dahulunya pernah menjadi lokasi benteng pertahanan serdadu belanda dan Jepang pada masa perang dunia II. Jika anda berkunjung ke pulau ini, maka anda pasti akan menemukan bekas bangunan benteng tersebut.

Nah, Jika anda ingin menuju ke Rubiah, sebaiknya Anda melalui jalur yang paling dekat yaitu melalui desa Iboih yang hanya berjarak sekitar  350 Meter dari pantai Iboih atau sekitar 23,5 Kilometer dari sebelah barat pulau Weh. Dari Iboih, Anda cukup menempuh 10 menit perjalanan naik boat mesin. Jika Anda dari Banda Aceh, maka Anda harus menuju Sabang terlebih dulu menggunakan ferry ataupun kapal besar dan kemudian dilanjutkan ke desa Iboih.

Setelah sampai di pulau ini, capek dan perjalanan yang cukup panjang bisa terbayarkan lunas dengan panorama yang menakjubkan baik di atas maupun di bawah laut. Bagi Anda yang tidak sempat membawa peralatan diving, jangan khawatir. Anda bisa temukan banyak tempat yang menyewakan peralatan diving maupun snorkeling. Atau bagi yang tiak tertarik dengan diving, bisa juga berkeliling pulau dengan menyewa perahu yang bawahnya terdapat kotak kaca (glass bottom boat) untuk melihat panorama bawah laut.

Dan benar saja, pemandangan bawah lautnya sangat menakjubkan! Banyak ikan warna-warni yang menyambut kami, ataupun terumbu karang yang masih kokoh dengan indahnya. Sebuah pemandangan yang sangat berharga setelah sekian lama berkutat dengan rutinitas pekerjaan dan hidup di kota besar. Inilah yang menyebabkan Rubiah mendapat julukan sebagai surganya kerajaan laut.

Tak jarang pengunjung akan melihat sekumpulan ikan laut yang berenang di sela-sela terumbu karang. Jenis ikan yang sering ditemukan disini antara lain seperti ikan Bendera, ikan Kepe-kepe, ikan Botana Biru, ikan Sersan, Kerapu, ikan Mayor, ikan Putri Bali dan masih banyak jenis ikan lainnya yang terdapat di pulau ini.

Selain itu juga terdapat berbagai macam jenis biota laut lainnya yang terdapat di pulau ini, seperti bintang laut, bunga lili, cumi-cumi dan berbagai macam terumbu karang. Terumbu karang yang yang terdapat disini mulai dari karang yang keras sampai yang lunak, dengan berbagai bentuk dan warna. Seperti karang meja dan karang tanduk. Benar-benar surga bagi para pecinta diving!

Setelah puas melihat beragam biota laut dan panorama, Anda pun bisa membeli cinderamata ataupun mencicip kuliner yang ada di sana dan menikmati desiran angin pantai. Sedap sekali, bukan?

Bagaimanapun, pastikan pulau Rubiah menjadi  salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Sabang dan sekitarnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/