Home  /  Berita  /  Umum

Diskoperindag Sosialisasikan P-IRT, Halal dan Haki pada UMKM

Diskoperindag Sosialisasikan P-IRT, Halal dan Haki pada UMKM
Kegiatan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag Kota Payakumbuh terhadap sosialisasi P-IRT, HAKI se Kota Payakumbuh.
Selasa, 26 April 2016 23:04 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUHDinas Koperasi, UMKM dan Perindag Kota Payakumbuh gelar sosialisasi  P-IRT, Halal dan Hak Atas Kekakayaan Intelektual (HAKI) se Kota Payakumbuh, bertempat di hotel Bundo Kanduang, Selasa (26/4), kegiatan tersebut dihadiri 100 peserta UMKM

Kepala dinas Koperasi, UMKM dan Perindag Payakumbuh H. Dahler, SH, ketika membuka tersebut mengatakan, sosialisasi ini diadakan untuk mengembangkan usaha industri rumah tangga (IRT) dan melegalkan produk olahannya supaya lebih terampil dan mampu bersaing dipasaran.
 
Dalam sosialisasi yang dilakukan pihaknya meminta kepada para pelaku usaha makanan olahan bisa menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir limbah produksi. “Mudah - mudahan selama kegiatan 2 hari ini peserta dapat outputnya dan bisa diterapkan setiap hari. Dan dengan sosialsasi ini peserta memahami dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan higenis, ”harap Dahler.

Ditambahkan Dra. Adriati Kabid Koperasi dan UMKM Diskoperindag Kota Payakumbuh, peserta sosialisasi sebanyak 100 orang ini dibagi 50 orang hari pertama dan 50 lagi hari kedua. Peserta tersebut diundang dari seluruh Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.
 
Lanjut, dari peserta yang mengikuti sosialisasi yang menarik ini, kebanyakan kaum ibu khususnya yang memiliki minat untuk meningkatkan usaha. Mereka sangat antusias mengikutinya karena manfaat dari program ini sangat baik,” tutur Adriati.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh diwakili Elya Roza Kasi Farmakimia dan Kosalkes,  mengatakan, usaha IRT ini agar secepatnya untuk mendapatkan izin Depkes dengan syarat mengikuti pelatihan IRT, menentukan lokasi tempat usaha, foto kopi KTP 1 lembar dan surat keterangan berbadan sehat dari dokter Puskesmas di wilayah masing-masing P-IRT,” simpulnya.

“Disamping itu, kami harapkan kepada seluruh peserta, agar mutu pembuatan dan pengolahanpun harus bersih, tempat juga bersih, pakaian dan lainnya. Kedepannya hasil produk akan jauh lebih baik,” Elya.***
 

wwwwww