Home  /  Berita  /  Peristiwa

Perang Lawan Narkoba, Penghuni Rutan Batusangkar Lakukan Tes Urine

Perang Lawan Narkoba, Penghuni Rutan Batusangkar Lakukan Tes Urine
Suasana tes urine di Rutan Batusangkar. (Humas)
Jum'at, 22 April 2016 08:56 WIB

BATUSANGKAR - Perang melawan narkoba kini terus dilakukan di Kabuaten Tanah Datar. Salah satunya yakni dengan melakukan tes urine seperti yang dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Batusangkar, bagi seluruh warga binaan termasuk seluruh petugas lapas.

Tes urine dan cek darah yang dilakukan pada 99 orang warga binaan dan 27 petugas tanpa kecuali, kata Kepala Rutan Batusangkar Suroto, Selasa (19/4/2016), disela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, tes urine dan cek darah bagi seluruh penghuni lapas termasuk petugas adalah sebagai bentuk tindak lanjut dari pencanangan anti narkoba dan pekat di Tanah Datar oleh Bupati Irdinasyah Tarmiz.

Dalam pelaksanaannya kata Suroto, berkerja sama dengan Polri, TNI dan Kesbangpol serta LSM AMANAT (Aliansi Masyarakat Anti Narkoba dan Penyakit Masyarakat) dan juga instansi terkait seperti Dinas Kesehatan.

Dari tes urine dan cek darah di Rutan tersebut, hasilnya cukup menggembirakan, seluruh penghuni Rutan, mulai dari warga binaan yang berjumlah 99 orang dan 27 petugas, dinyatakan negatif, sebut Suroto.

"Hasilnya sudah sama-sama kita ketahui, seluruh orang yang berada dalam rutan ini, tidak satupun mengkonsumsi narkoba dan obat terlarang lainnya," kata Suroto dengan bangga.

Kedepan hasil ini akan terus dipertahankan, penjagaan terhadap masuknya narkoba akan terus diperketat, sehingga menjadikan rutan ini bersih dan bebas dari narkoba, tutur Suroto.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi yang ikut mendampingi tes urine dan cek darah di rutan Barusangkar, mengaku cukup puas dengan hasil yang dicapai.

"Ternyata rutan ini bebas dari narkoba, patut kita acungi jempol dan patut dijadikan contoh oleh rutan lain maupun LP," kata Kapolres dilansir dari tanahdatar.go.id. (humas/eri)

Editor:Calva
Sumber:Tanahdatar.go.id
Kategori:Peristiwa, GoNews Group, Tanah Datar
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/