Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbar: Hadapi MEA, Sumbar Harus Punya Daya Saing SDM

Ketua DPRD Sumbar: Hadapi MEA, Sumbar Harus Punya Daya Saing SDM
Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Sumbar
Kamis, 21 April 2016 21:47 WIB
Penulis: Agib M Noerman
PADANG - Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menekankan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sumbar untuk lebih meningkatkan daya saing dalam menyusun rencana kerja. Sebab, apabila daya saing ini tidak menjadi fokus perhatian SKPD maka Sumbar akan menjadi "penonton di rumah sendiri" menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Kebijakan MEA ini secara tidak langsung akan menciptakan kompetitor dalam hal lapangan pekerjaan. Kompetittor tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri tapi juga datang dari luar negeri," kata Hendra saat bincang-bincang di ruangan kerjanya beberapa waktu lalu.

Hendra menilai Sumbar memiliki potensi pariwisata, pertanian dan perikanan. Oleh sebab itu, lanjutnya, Pemprov Sumbar harus menyiapkan sumber daya manusia pada ketiga bidang tersebut agar mampu bersaing terutama menghadapi MEA. Dituturkan politisi Golkar ini, dengan SDM yang andal, daerah ini akan mampu menggarap dan mengelola produk yang dihasilkan bidang-bidang tersebut.

Disebutkan Hendra, saat ini hanya pariwisata yang mampu dijual oleh Sumbar. Nah, dalam hal ini Dinas Pariwisata harus mampu mengelola potensi pariwisata serta menarik minat pengunjung. Tanpa harus mengesampingkan nilai-nilai budaya, masyarakat Sumbar harus disiapkan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Sedangkan untuk yang menyangkut pengembangan infastruktur jika terkendala tanah ulayat, itu masih bisa diusahakan jalan keluarnya.

Terkait pendanaan, Hendra menjamin DPRD siap akan mendukung penganggarannya. Kendati demikian, Hendra juga berharap kepala daerah se-Sumbar menyiapkan konsep yang jelas dalam pengembangan pariwisata.

Hendra menyarankan agar rencana pembangunan ke depan agar mengacu kepada Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah dan RPJP nasional sehingga sehingga rencana pembangunan tahunan yang akan dilaksanakan merupakan aplikasi dari RPJPD dan RPJP nasional serta RPJM. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/