Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hari Kartini Juga Warnai Halaman Awal Google Hari Ini

Hari Kartini Juga Warnai Halaman Awal Google Hari Ini
Kamis, 21 April 2016 06:02 WIB

HALAMAN UTAMA tampilan situs pencarian nomor satu di dunia Google berbeda hari ini. Memperingati hari ulang tahun ke-137, Raden Ajeng Kartini, seniman doodle Helene Leroux mempersembahkan doodle RA Kartini di halaman muka mesin pencari.

RA Kartini merupakan wanita yang lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Beliau merupakan salah satu Pahlawan Nasional yang dikenal sebagai pionir kebangkitan perempuan pribumi pada masanya.

Lahir dari keluarga bangsawan Jawa, Kartini hidup di masa dua budaya bercampur. Beliau memiliki kedekatan dengan adat istiadat Jawa, namun juga sangat menyukai budaya Belanda dan sastra Barat.

Seperti semua gadis Jawa pada zaman itu, Kartini hanya diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School) hingga umur 12 tahun. Meskipun begitu, Kartini muda terus melahap buku-buku dan menumbuhkan pandangannya terhadap posisi perempuan dalam masyarakat dan orang-orang Jawa di bawah kekuasaan Belanda.

Kartini bermimpi untuk membuka sekolah untuk anak-anak perempuan Jawa. Ketika impiannya tersebut hampir terwujud, beliau meninggal ketika melahirkan pada usia 25 tahun.

Meskipun beliau telah wafat, namun warisan ide Kartini tetap bertahan. Beliau suka menulis surat, dan memiliki beberapa sahabat pena yang berpengaruh. Salah satunya adalah politisi Belanda yang bernama J.H. Abendanon, yang kemudian menaruh minat pada Kartini dan menggunakan kisahnya untuk memberikan kebijakan Belanda di tanah Jawa.

J.H. Abendanon kemudian menerbitkan surat-surat yang dikirimkan Kartini secara anumerta di Belanda. Surat-surat anumerta tersebut akhirnya beredar luas dan menyita perhatian masyarakat terhadap ketidakadilan sistem kolonial di Asia Tenggara. Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. (***)

Editor:Calva
Sumber:Wikipedia, Google Doodle
Kategori:Rantau, Sumatera Barat, GoNews Group, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/