Home  /  Berita  /  Ekonomi

Benahi Pariwisata, Gubernur Sumbar Perintahkan Bupati-Walikota Bebaskan Daerahnya Dari Preman, Tukang Pakuak dan Tukang Palak Jelang Lebaran

Benahi Pariwisata, Gubernur Sumbar Perintahkan Bupati-Walikota Bebaskan Daerahnya Dari Preman, Tukang Pakuak dan Tukang Palak Jelang Lebaran
Kawasan Wisata Muaro Padang yang semakin ditata Pemko Padang.
Senin, 18 April 2016 16:42 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno mewanti-wanti bupati dan walikota untuk siap beraksi total dalam pembenahan pariwisata di daerah masing-masing. Termasuk membersihkan daerahnya dari aksi premanisme, aksi palak mamalak dan aksi main pakuak di rumah makan. Semua ini harus bisa selesai menjeleng datangnya lebaran tahun 2016 ini.

Penegasan ini dikatakan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ketika membuka Musrenbang Provinsi Sumbar di Padang, Senin (18/4/2016). Disebutkan Wagub, disamping hal diatas, seluruh daerah harus menyiapkan rest area (area istirahat). Misalnya, antara Padang dan Pesisir Selatan harus ada rest area.

"Rest area akan dibangun Pemprov Sumbar dan tanahnya disediakan dan dibebaskan bupati dan walikota. Silahkan bupati dan walikota menyiapkan dengan segera dan melaporkan kepada gubernur," tegas Nasrul.

Disamping itu, sebut Nasrul, gubernur akan memanggil satu persatu bupati dan walikota untuk memaparkan programnya dalam pembangunan pariwisata. Karena, program pembangunan pariwisata di kabupaten dan kota akan dibantu pemerintah provinsi dananya dengan perbandingan 40:60. Yakni 40 persen dibantu pemprov dan 60 persen dananya dari APBD kabupaten dan kota.

"Jadi kepada bupati dan walikota segera susun program pembangunan unggulan pariwisata di daerahnya nantinya kepada kami," ujar Wagub. (***)


wwwwww