Home  /  Berita  /  Umum
Potang Balimau Pangkalan Bakal Undang Tiga Menteri

Wabup Minta Tradisi Daerah Jadi Materi Muatan Lokal

Wabup Minta Tradisi Daerah Jadi Materi Muatan Lokal
Rapat pembentukan panitia Potang Balimau yang diikuti puluhan tokoh masyarakat dan niniak mamak Nagari Pangkalan itu, dipimpin lansung Wakil Bupati Ferizal Ridwan,yang dipercaya menjadi Ketua Umum Potang Balimau. (f/humas)
Jum'at, 15 April 2016 22:13 WIB
Penulis: Trinanda
LIMAPULUH KOTA--Tradisi 'Potang Balimau' dan yang digelar setiap tahun di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, dipastikan makin semarak pada tahun ini. Pesta rakyat yang dilaksanakan guna menyambut bulan suci Ramadhan tersebut kini tengah dirancang secara apik. Pihak panitia berencana mengundang tiga menteri.

Rapat pembentukan panitia Potang Balimau yang diikuti puluhan tokoh masyarakat dan niniak mamak Nagari Pangkalan itu, dipimpin lansung Wakil Bupati Ferizal Ridwan. Dalam rapat tersebut, Wabup yang akrab disapa- Buya Feri, langsung ditunjuk oleh para tokoh Nagari Pangkalan, sebagai ketua umum untuk pelaksanaan acara.    

"Seyogyanya tradisi dan sejarah daerah ini, seperti Potang Balimau dimasukkan menjadi salah satu materi dalam pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah. Supaya kalangan pelajar mengetahui, apa saja tradisi dan sejarah yang ada di daerah kita," kata Wabup Ferizal Ridwan, saat rapat pembentukan panitia Potang Balimau di Nagari Pangkalan, Kamis (14/4).

Dijadikannya Potang Balimau sebagai materi muatan lokal, katanya, secara tidak langsung akan menjadi sebuah proses transfer ilmu sejarah terhadap generasi penerus di daerah. Ferizal juga meminta, panitia pelaksana Potang Balimau yang akan digelar pertengahan Mei 2016 mendatang, dapat melibatkan seluruh unsur masyarakat.

Mulai dari tokoh-tokoh adat, seni dan budaya seperti niniak mamak, cadiak pandai serta unsur pemuda hingga anak nagari. "Suatu aktifitas kegiatan, juga diharapkan memiliki tema yang dapat menumbuhkan semangat semua orang. Mari kita jaga tradisi, kita tegakkan syara', untukmambangkik batang tarandam," sebut Ferizal.

Wabup menyebut, selaku ketua umum, ia akan terus memantau segala persiapan untuk pelaksanaan acara Potang Balimau. Terutama di bidang promosi, ia menyebut, bakal memanfaatkan seluruh plang baliho besar di sepanjang jalur Sumbar Riau. Disamping itu, ia juga akan mengintruksikan dinas terkait membantu persiapan panitia.

"Saya akan intruksikan dinas dan satuan perangkat kerja kami di Pemkab, agar mengambil alih seluruh baliho, sebagai promosi kegiatan Potang Balimau. Selain itu, kita juga akan mengirim undangan ke tokoh-tokoh budayawan serta tiga menteri, diantaranya, Menko Pemuda dan Olahraga, Menko Pariwisata dan Menko Polhukam," tukasnya. ***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/