Home  /  Berita  /  GoNews Group
Angkat Sejarah ke Layar Perak

Pemkab Limapuluh Kota Dukung Kegiatan TMI

Pemkab Limapuluh Kota Dukung Kegiatan TMI
Ben Tanur (kemeja biru) bersama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Budi Putra, Ketua DPD Projo Sumbar, usai bahas dialog kebangsaan Tan Malaka,(f/rino)
Kamis, 14 April 2016 21:13 WIB
Penulis: Rino Chandra

LIMAPULUH KOTA-- Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia. Gelar anumerta ini diberikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tindakan yang dianggap perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya. 

Terkait bakal diselenggarakannya dialog kebangsaan pada 23 dan 24 April 2016 mendatang.Bupati Ir. Irfendi Arbi bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan S.Sos,mendukung penuh kegiatan yang akan diselenggarakan Tan Malaka Institute (TMI). 

Tan Malaka, pahlawan nasional asal Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, ternyata dikagumi oleh  pasangan yang memenangkan pemilukada 9 Desember 2015 lalu, 

"Sebagai tokoh yang melahirkan gagasan dan pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara, antara lain, Tan Malaka, Mohammad Hatta dan Buya Hamka patut kita tempatkan ditempat yang terhormat." kata Bupati.

Lanjut Bupati, Limapuluh Kota juga banyak melahirkan ulama besar dan kaya akan sejarah, mulai dari Tan Malaka hingga PDRI. Menurutnya, selain wisata alam adat dan budaya, pemkab Limapuluh Kota kedepan akan membuat wisata religi dan sejarah.

"Wisata sejarah dan religi ini akan terus kita upayakan, tentu akan dikerjakan oleh pekerja dan pelaku yang profesional dibidangnya." pungkas Bupati.

Sementara, pendiri Tan Malaka Institute, Ben Ibratama Tanur mengatakan, Minangkabau gudangnya pemikir, dalam riwayat hidupnya tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dapat merusak nilai perjuangan. TMI butuh tokoh-tokoh seperti Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota dan seperti Walikota Bandung yang sudah mengangkat sejarah bangsa Indonesia, khususnya tokoh yang sudah berjuang untuk Indonesia merdeka. 

"Sebagai pemimpin daerah yang paham sejarah, kami salut kepada beliau. Terimakasih Bapak Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota atas kerjasamanya." ungkap pria yang akrab disapa Ben Tanur, saat dihubungi gosumbar.com, Kamis (14/4).   

Ben Tanur menambahkan, selain menyampaikan ke pemimpin daerah itu rencana pembuatan Film Tan Malaka dari Suliki ke Bukittinggi, kisah masa kecil Tan. Apresiasi juga diberikan TMI terkait rencana Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang akan mengangkat sejarah PDRI kelayar perak. 

"Kami mendukung penuh rencana bupati tersebut, bahkan kami siap membantu agar rencana pembuatan Film yang mengangkat sejarah terwujud  sehingga Limapuluh Kota semakin dikenal.' demikian Ben Tanur.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Limapuluh Kota, GoNews Group, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/