Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ini Foto-Foto Presiden Joko Widodo Saat ke Padang Membuka MNEK 2016

Presiden Jokowi siap menaiki KRI FKO.Presiden Jokowi menekan sirine peresmian Monumen Perdamaian MNEK 2016.Presiden Jokowi tandatangan prasasti Monumen Perdamaian MNEK 2016Presiden Jokowi foto bersama dengan Panglima AL negara sahabat.KRI FKO sandar di Teluk Bayur.Presiden Jokowi menuju pesawat kepresidenan meninggalkan Padang di BIMPresiden Jokowi di vip room BIM didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.
Rabu, 13 April 2016 06:26 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Presdien Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang diikuti oleh 36 negara-negara tetangga dan negara-negara yang membentang di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Selasa (12/04/2016) di Mako Lantamal II Padang, Sumatera Barat.

Diawal sambutan, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang kepada seluruh para armada angkatan laut yang tergabung dalam kegiatan Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016.

“Saya atas nama negara dan pemerintah Indonesia mengucapkan selamat datang,” ucapnya.

Kemudian, Presiden Jokowi menyampaikan salah satu perang yang paling berat adalah perang untuk memenangkan kemanusian, dengan arti operasi militer selain perang tidak bisa diremehkan. Operasi bantuan kemanusian, khususnya untuk penanganan bencana alam dilaut membutuhakan kesigapan, kecepatan serta totalitas.

“Namun operasi tersebut akan optimal bila tidak dilakukan sendiri, kita butuh kerjasama dengan angkatan laut negara-negara tetangga serta dengan angkatan laut negara-negara yang membentang di Samudra Hindia dan Samudera Pasifik, sehingga menumbuhkan hal-hal positif bagi seluruh negara peserta, seperti : menumbuhkan pemahaman yang sama tentang perlindungan sumber daya laut, kerjasama regional dan peningkatan sumber daya manusia dari sektor maritim,” terangnya.

Presiden RI tersebut berharapa dengan dilaksanakan kegiatan ini Latihan akan semakin memperkokoh budaya maritim Indonesia, semakin memperkuat kerjasama angkatan laut dari negara-negara, untuk melakukan bakti dan perbaikan kedepannnya.

Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menyinggung tentang besarnya dampak positif yang didapat apabila mampu mengelola kelautan atau kemaritiman. Sudah lama kita memunggungi laut, teluk serta samudera, padahal masa depan kita ada disana, padahal poros maritim dunia ada disana. Oleh sebab itu semua harus bekerja keras untuk membangkitkan kembali budaya maritim nusantara, menjaga sumber daya laut, membangun infrastruktur dan konektivitas maritim, memperkuat diplomasi maritim dan membangun pertahanan maritim.

“Ayo ke laut, dilaut tersimpan harapan, dilaut tersimpan kejayaan, banyak ombak banyak kehidupan,” ajaknya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dalam laporan menyampaikan bahwa pelaksanaan Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 ini akan dilaksanakan hingga 16 April 2016.

“Kegiatan ini diikuti oleh 29 Kapal Republik Indonesia (KRI), 20 kapal perang dari 15 negara serta perlengkapan latihan perang lainnya,” terangnya.

Pembukaan Multilateral Exersice Komodo 2016 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Joko Widodo yang didampingi oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Ade Supandi serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Para Duta Besar negara peserta, Forkpimda Sumatera Barat serta Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat.

Presiden RI Joko Widodo menandatangani monumen merpati perdamaian di taman muaro lasak pantai padang (selasa 12 April 2016). Penandatanganan monumen ini didampingi langsung oleh panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamada TNI Ade Supandi, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/