Home  /  Berita  /  Umum
Kerja Keras Perpustakan Daerah

Wawako Suwandel Muchtar Terima Penghargaan di Bali

Wawako Suwandel Muchtar Terima Penghargaan di Bali
Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Muchtar.
Selasa, 12 April 2016 21:08 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Hari ini Rabu (13/4) bertempat di Bali, Wakil Walkota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar didampingi kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan (KAP) Payakumbuh Drs. Zulrefri beserta tim fasilitator Adrika Arlis, menerima penghargaan atas komitmen dan dukungan kepala daerah dalam pengembangan perpustakaan melalui program perpuseru.

 Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar didampingi Kasi Perpustakaan Payakumbuh Nur Akmal, kepada sejumlah wartawan di Payakumbuh, Selasa (12/4), mengatakan, selain menerima penghargaan, juga dilakukan pencanangan komitmen bersama untuk pengembangan perpustakaan untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Penerimaan penghargaan dan pencanangan komitmen di Bali itu, tidak hanya daerah kota Payakumbuh, akan tetapi juga bersama-sama dengan kepala daerah di 98 kota/kabupaten. Mitra program perpuseru dan stakeholder nasional.

“Suksesnya KAP Payakumbuh dalam 2 tahun ini, tidak terlepas dukungan dari semua pihak, utamanya kerja keras pengelolaan perpustakaan. Sehingga kita melihat dari 2 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang menjadi mitra perpustakaan daerah, kini bertambah 5 lagi sebagai calon mitra perpustakaan daerah, “ujar Wawako.

Terpisah, Direktur Program PerpuSeru, Erlyn Sulistyaningsih, mengatakan program tersebut kini telah menjangkau 34 perpustakaan umum pemerintah yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia. PerpuSeru dikembangkan melalui penyediaan akses Komputer dan Internet, pelatihan pustakawan, hingga advokasi dan kemitraan.


Lebih dari 5.000 pengguna perpustakaan saat ini telah mendapatkan pelatihan-pelatihan di perpustakaan mitra Perpuseru, termasuk pelatihan komputer dan internet. "Sebanyak 34 perpustakaan ini merupakan bagian dari inisiatif nasional untuk memanfaatkan teknologi dalam memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap informasi," ujar Erlyn.

 

Sebanyak 118 perpustakaan umum mitra program perpuseru, mulai dari desa/kelurahan, kabupaten/kota hingga TBM kompak menyediakan beragam sarana agar kualitas hidup masyarakat membaik. Tak  hanya menyediakan sarana membaca lewat buku tetapi juga layanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam empat tahun pelaksanaan tersebut, banyak dampak perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mengecap layanan perpustakaan mitra program PerpuSeru. Pada 13 hingga 15 April 2016 ini akan menjadi momentum menggetarkan.

Acara bertema “Road to Building Commitment” atau “Lokakarya Membangun Komitmen Pengembangan Perpustakaan” ini akan menjadi langkah selanjutnya bagi PerpuSeru melangkah dari Sabang sampai Merauke. 98 pemimpin daerah pun akan mendukung aksi pengembangan perpustakaan tersebut.

Tak dipungkiri, dukungan para pemimpin daerah mutlak diperlukan untuk perluasan perpustakaan yang berbasis teknologi, sesuai visi-misi PerpuSeru. Selain ke-118 perpustakaan yang telah bekerja sama, rencana selanjutnya dari program PerpuSeru adalah meluaskan cakupan area hingga ke-80 kabupaten/kota di 18 provinsi di seluruh Indonesia. Tentu saja, dukungan nyata dari para stakeholder sangat dibutuhkan agar program ini terus berjalan.

“Acara lokakarya yang bertajuk Road2BC tersebut akan dihadiri oleh 560 peserta! Didukung oleh 98 pemimpin daerah dari berbagai penjuru kabupaten/kota. Bertempat di The Westin Hotel, Nusa Dua Bali, 13-15 April 2016. Acara ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Bali dan Kementerian Dalam Negeri, “Erlyn.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77