Home  /  Berita  /  Ekonomi

Hidupkan Kembali Seluruh Jalur Kereta Api, Gubernur: Saya yang Pimpin Langsung Pembebasan Lahan Milik KAI yang Sudah Lama Digunakan Warga

Hidupkan Kembali Seluruh Jalur Kereta Api, Gubernur: Saya yang Pimpin Langsung Pembebasan Lahan Milik KAI yang Sudah Lama Digunakan Warga
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno diwawancarai wartawan soal menghidupkan kembali jalur kereta api di Sumbar.
Senin, 11 April 2016 20:20 WIB
Penulis: Calva
PADANG - Rencana Kementrian Perhubungan mengaktifkan kembali semua jalur kereta api di Sumbar dan membangun jalur baru trans Sumatra dengan Riau, Jambi dan Bengkulu, jadi perhatian serius Gubernur Sumbar. Gubernur akan memimpin lamgsung proses pembebasan lahan di seluruh jalur kereta api yang digunakan warga dan bahkan pemda.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dihadapan para bupati dan walikota dalam rapat koordinasi reaktivasi jalur kereta api dan pembangunan jalur trans Sumatera di Padang, Senin (11/4/2016). Rapat melibatkan PT KAI, Balai Teknis Perkeretapia Kemenhub RI.

"Saya minta seluruh bupati dan walikota segera melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat yang kini masih menggunakan lahan jalur rel kereta api yang adai di daerah masing-masing. Itu milik negara dan akan diambil lagi," sebut Gubernur Irwan.

Gubernur menyebutkan, untuk Tahun 2016 ini ada dana sekitar 3,7 trilun rupiah untuk mengaktifkan kembali Jalur Padang-Padang Panjang-Bukittingi dan Payakumbuh. Dana sebanyak ini harus bisa digunakan dan jangan sampai terkendala soal pembebasan lahan.

"Saatnya kepala daerah all out mengurus hal ini. Dan saya akan pimpin langsung. Bupati dan walikota segera siapkan tanah yang sudah dibebaskan, lakukan sosialisasi seggera," kata Irwan.

Apa yang dikatakan gubernur mendapat respon baik dari kepala daerah yang hadir, seperti Bupati Solok Gusmal, Wako Padang Mahyeldi, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wawako Pariaman Genius Umar, Bupati Agam Indra Catri dan Sekdako Payakumbuh. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/