Home  /  Berita  /  Umum

Bantu Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Turun Langsung Bantu Petani di Agam

Bantu Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Turun Langsung Bantu Petani di Agam
Seorang Babinsa di Kabupaten Agam dampingi petani membajak sawah. (Penrem)
Sabtu, 09 April 2016 06:24 WIB

AGAM – Sebagai wujud nyata pelaksanaan serbuan Teritorial di wilayah Kodim 0304/Agam, Babinsa turun langsung ke sawah membantu petani menanam padi serta pemeliharaan dan pembersihan saluran irigasi di Desa Binaannya, Kamis (7/4/2016).

Sebagaimana dilakukan Sertu Saiful anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 05/Tanjung Raya Kodim 0304/Agam melaksanakan turun langsung melaksanakan pendampingan panen raya yang dilakukan Kelompok Tani Bangun Putri di Jorong Rambe Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya dengan luas panen 1 Ha.

Serda Edison Tawirman anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Kamang Kodim 0304/Agam tidak mengenal lelah melaksanakan pendampingan Penanaman padi terhadap Kelompok Tani Maju Jaya Jorong Gantiang Nagari Koto Tangah, dengan luas tanam 0,5 Hektare . Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari untuk pendampingan kepada Poktan dan petani.

Begitu juga dengan semangatnya Babinsa Nagari Balai Gurah Kecamatan Candung Koptu Best Chandra dengan melaksanakan kegiatan pendampingan alsintan hand traktor pada Kelompok Tani Balai Banyak Nagari Balai Gurah.

Kegiatan yang dilaksanakan Babinsa ini merupakan suatu tugas yang harus tercapai dalam menuntaskan Pencapaian Swasembada Pangan Nasional, juga merupakan implementasi dari MoU yang di buat oleh TNI dengan Pemerintah Daerah di berbagai tingkatan, dalam mewujudkan program swasembada pangan di wilayah kerja teritorial masing-masing, serta wujud nyata kemanunggalan TNI Rakyat.

Aktifnya para Babinsa, mendapat sambutan dari kalangan petani. Anggota Kelompok Tani Bangun Putri mengatakan, masyarakat sangat senang karena Babinsa membantu kegiatan kami para petani. Dengan adanya program baru TNI, para Babinsa terjun langsung ke lapangan untuk membantu para Petani dan Kelompok Tani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Kami berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga kami para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional”.

Danramil 05/Tanjung Raya Kapten Arh Sukandar mengatakan, para Babinsa mempunyai jiwa besar dan tidak ragu-ragu membantu petani dalam menanam padi ataupun lakukan pembersihan saluran irigasi bersama-sama para petani. Babinsa harus turun langsung dan membaur bersama petani mulai tahap pembajakan sawah, penanaman padi dan mengontrol tahap pertumbuhan padi sampai tahap panen.

Menurut Danramil, hal itu dilaksanakan sebagai upaya pendampingan para Babinsa kepada kelompok tani yang menjadi binaannya masing-masing. “Diharapkan dengan turunnya Babinsa di sawah sebagai pendamping di wilayah binaannya masing-masing dapat menjadi pemicu peningkatan hasil panen serta dapat memberi motivasi kepada para petani. (Penrem 032/Wbr/erz)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Agam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/