Home  /  Berita  /  Politik
Pilkada Februari 2017 Mendatang

Darlis Ilyas Incar Mawi Etek Arianto

Darlis Ilyas Incar Mawi Etek Arianto
Darlis Ilyas bersama Mawi Etek Arianto dan Ismet Harius. (nura)
Kamis, 07 April 2016 20:36 WIB
Penulis: Nur Akmal

PAYAKUMBUH--Setelah Mawi Etek Arianto (MEA) melirik Icamband H. Riza Falepi untuk berpasangan menjadi bakal calon (Balon) Wakil Walikota Payakumbuh, dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Februari 2017 mendatang. Kini, giliran MEA banyak diincar balon.

Salah satunya, mantan Walikota Payakumbuh periode 2002-2007 H. Darlis Ilyas (DI) mulai mengincar MEA. MEA merupakan salah seorang anggota DPRD Payakumbuh dari fraksi Partai Gerindra itu, dinilai banyak memang joker dalam posisi balon Wakil Walikota.

Seperti diungkapkan Ismet Harius yang juga salah seorang anggota DPRD Payakumbuh dari Partai Nasdem, di kantor DPRD setempat, Kamis (7/4), MEA memang banyak dilirik balon untuk berpasangan, pembicaraan awal dengan DI sudah ada dan sudah berkali-kali antara DI dengan MEA bersilaturahmi.

Secara pribadi saya mendukung, jika DI dan MEA berpasangan. Yang jelas, kami di DPD Partai Nasdem sedang melakukan survei, keduanya sudah tercatat dalam buku pokok DPD Partai Nasdem Payakumbuh sebagal balon Walikota dan Wakil Walikota. Mudah-mudahan DI dan MEA jodoh.

Selama ini, kami melihat sepak terjang DI telah teruji, meskipun saat itu DI pernah di demo masyarakat, sehingga DI dalam perjalanannya memimpin Payakumbuh hanya berjalan 3 tahun 9 bulan.

“Ternyata pengalaman pahit itu pula DI kembali diminta masyarakat untuk maju sebagai balon Walikora Payakumbuh. Memori masyarakat masih tajam, keberhasilan-keberhasilan DI membangun Payakumbuh menjadi kenangan manis bagi masyarakat luas. Maka, sangat pas DI mengincar MEA untuk bepasangan, “ujar sekretaris DPD Partai Nasdem itu.

Sebelumnya, usai DI berunding dengan MEA, Ismet Harius, Syamsir Alam, Bambang A Gani, dan sejumlah bundo kanduang, DI mengatakan, memang MEA sudah lama saya diintai untuk berpasangan.

Alasan saya, berpasangan dengan MEA, karena kami sudah kenal lama, banyak kenangan manis yang kami ukir bersama MEA. Bahkan kami saling akrap sudah 14 tahun. Sewaktu itu, MEA sangat jaya, kini kejayaan itu kembali diperolehnya dengan menjadi anggota DPRD. Sukses buat MEA.

Melihat animo masyarakat Payakumbuh, utamanya di daerah pemilihan kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), sangat dominan mendukung saya. Begitu juga, sebagaian masyarakat kecamatan Payakumbuh Timur, Utara, Selatan dan Barat telah banyak pula menyatakan akan  memberikan dukungan.

“Karena itu saya tidak mau mengecawakan masyarakat yang telah memberikan dukungan, apalagi jika Allah SWT mengizinkan kami duet dengan MEA. Karena MEA adalah kader Partai Gerindra, saya yakin Partai Gerindra akan mengutamakan kadernya. Mudah-mudahan partai politik lainnya seyogianya melirik kami untuk berkoalisi, “harap DI.

Dalam kesempatan itu, MEA kepada sejumlah wartawan, mengatakan, saya maju tidak plin plan, hanya satu, sebagai balon Wakil Walikota. Pembicaraan kami dengan DI, awalnya diskusi lepas membicarakan Payakumbuh kedepan, setelah itu eh terlanjur membicarakan kontek Pilkada, sehingga berlanjut membicarakan pasangan. Karena saya memilih balon Wakil Walikota, tentu sangat pas berpasangan dengan DI.

Dijelaskan MEA, jauh sebelumnya, sudah ada beberapa balon Walikota yang menelpon dan bertemu langsung meminang saya untuk berpasangan. Saat itu, saya jawab, mari kita ikuti dulu mekanisme partai dengan mendaftar ke partai yang telah melakukan penjaringan.

“Intinya, selaku kader partai tentu berusaha keras, agar Partai Gerindra menjatuhkan pilihannya kepada saya. Kemudian, terim kasih kepada DI bersama timsesnya yang telah melirik saya untuk berpasangan. Mudah-mudah semua ini diiznkan Allah SWT, “papar MEA.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Politik, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwww