Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
Internasional
2 jam yang lalu
BPJPH Rilis Indonesia Global Halal Fashion, Targetkan Kejayaan di Pasar Dunia
2
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
2 jam yang lalu
Okto Sebut Sudah 9 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
3
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
1 jam yang lalu
Langsung Pantau Persiapan, Menpora Dito Ingin Berikan Kado Terbaik buat Presiden Jokowi dari Olimpiade 2024 Paris
4
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
57 menit yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  GoNews Group
Wonderful Indonesia 2016

Wonderful Indonesia Goyang Auckland Festival 2016

Wonderful Indonesia Goyang Auckland Festival 2016
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. (net)
Jum'at, 01 April 2016 10:58 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Menpar Arief Yahya lagi-lagi menggoyang pasar Selandia Baru dan Australia. Bebas Vis Kunjungan (BVK) yang sudah berlaku di dua negara potensial itu tidak mau disia-siakan berlalu tanpa menjaring tourism yang signifikan.

"Mulai 2 April 2016, Kemenpar promosi pariwisata di Auckland New Zealand," jelas Menoar Arief Yahya di Jakarta.

Apa yang hendak ditonjolkan? Wonderful Indonesia! Destinasi unggulan wisata bahari, panorama laut, pantai, surfing, budaya yang penuh dengan seni tradisional, kesenian nyentrik, serta berbagai cerita masyarakatnya yang ramah tamah. "Dan yang asyik, mereka tidak perlu mengurus Visa, sudah bisa masuk berwisata ke Indonesia," jelas Menpar Arief Yahya.

Festival itu digelar di Gedung Raye Freedman Art Centre, corner of Gillies Avenue and Silver Road, Epsom, Auckland, Selandia Baru. Wonderful Indonesia akan tampil all out, menebarkan pesonanya. Konsep kegiatan Indonesia Movie Safari, Indonesian Festival, workshop, dan pertunjukan kesenian. Layaknya api yang disiram minyak, kemilau pesona brand Wonderful Indonesia yang sudah mendunia akan dibuat makin menyala terang. Terus eksis merayu wisman Selandia Baru agar sudi berkunjung ke tempat-tempat indah di Indonesia.

“Promosi menjadi bagian yang amat vital di pariwisata. Siapa tak kenal, maka tak sayang. Orang tak mungkin berkunjung ke destinasi wisata kita, jika mereka tidak pernah mendengarnya,” terang Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Kamis (31/3/2016).

Karenanya, promosi gencar pun akan dilakukan di Selandia Baru. Negeri Kiwi itu dianggap cukup seksi. Negaranya terbilang maju. Tingkat kesejahteraan masyarakatnya pun tinggi. Sekedar gambaran, Selandia Baru termasuk dalam negara maju dengan tingkat pertumbuhan ekonomi menyaingi Eropa Selatan dalam beberapa hal. Indeks Pembangunan Manusia nya ada di urutan tiga besar dunia. Ekonomi pasarnya modern dengan taksiran produk domestik bruto (PDB) berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja (KKB) per kapita sebesar US$ 28.250.

“Jumlah outbond-nya melebihi jumlah penduduk, tetapi yang ke Indonesia baru sekitar 33.000 orang. Dengan populasi sekitar empat juta orang, jumlah itu masih sangat kecil. Ini yang ingin kita tingkatkan. Kita rayu masyarakatnya lewat Auckland Indonesian Festival 2016,” tambah Vinsen.

Untuk merayu masyarakat Selandia Baru, Kementeria Pariwisata bakal menyiapkan Indonesia Booth yang siap menyajikan beragam infomasi pariwisata Indonesia. Dari Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten) hingga Borobudur (Jawa Tengah), semua ada. Informasi seputar Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai (Maluku Utara), serta Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), juga bisa didapatkan di Indonesia Booth.

Belum lagi awareness campaign berupa pemasangan iklan pada beberapa media di Selandia Baru. Salah satunya di 4 bus metrolink Auckland, sarana transportasi public Selandia Baru yang mirip-mirip seperti TransJakarta.

Yang tak kalah dahsyatnya, penampilan seni dan budaya Indonesia. Ada Tari Lenggang Nyai (DKI Jakarta), Tari Legong Keraton (Bali), Tari Balian Dadas (Kaltim) dan Bajidor Kahot (Jawa Barat) yang siap menampilkan atraksi menawan di Selandia Baru.

“Ada juga coffee corner and refreshment yang menyajikan minuman dan makanan ringan khas Indonesia. Dan juga ada tiga buah door prize berupa tiket PP Auckland-Bali yang kami sediakan untuk pengunjung,” terang Vinsen yang mendampingi I Gdr Pitana, deputi Pemasaran Mancanrgara Kemenpar.

Mengapa Bali? Jawabannya ternyata simpel. Pola perilaku wisman asal Selandia Baru tak jauh beda dengan Australia. Jaraknya yang dekat dari Selandia Baru membuat Bali ibarat surga untuk ‘melarikan diri’ dari kesibukan rutinitas. Hanya perlu beberapa jam terbang, mereka langsung bisa menikmati suasana negeri tropis. (*/dnl)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77