Home  /  Berita  /  GoNews Group
Wonderful Indonesia 2016

Raffi Ahmad Bangga Jadi Endorser Pesona Indonesia

Raffi Ahmad Bangga Jadi Endorser Pesona Indonesia
Rafii Achmad dan Nagita Slavina. (net)
Jum'at, 01 April 2016 11:19 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Apa kata artis Raffi Ahmad tentang Wonderful Indonesia? Pesona pariwisata Indonesia? “Saya senang bisa ikut mempromosikan pariwisata di tanah air. Saya sebenarnya baru sadar, network di media social begitu besar. Begitu aktif di twitter, langsung punya 7 juta followers. Sampai-sampai perusahaan medsos itu berkirim surat ke email saya. Mereka klarifikasi, apa betul? Ini akun saya?” ucap Raffi Ahmad, presenter Dahsyat di RCTI yang muda, energik dan suka usil itu.

“Twitter sendiri tidak percaya, dalam waktu enam bulan followers saya naik drastis. Bagus juga mereka konfirmasi ke saya. Semula saya juga tidak terlalu ngeh, dengan followers. Sekarang baru tahu, bahwa mereka adalah teman di dunia maya yang sangat interaktif,” kata Raffi, yang mengaku followersnya sangat interaktif itu.

Dia yakin bisa menterjemahkan apa yang dimaui Menpar Arief Yahya dengan rumus 3-I itu. Bahwa zaman itu cepat berubah. Media juga semakin “intensif, innovative dan interaktif.” Sosial media memberi peluang untuk memenuhi persyaratan 3-I tersebut. Semakin intensif, semakin efektif mempengaruhi opini public. Semakin innovative, semakin memikat perhatian public. Dan semakin interaktif, semakin hebat kedekatan dan semakin intim dengan public.

“Saya yakin, bisa membuat trending topic dengan hastag pariwisata. Saya sudah pernah mencoba, dalam beberapa hari, mendiskusikan dengan tema sesuatu di twitter, langsung menjadi trending topic,” ucap Raffi. Dengan followers 7 jutaan, dan itu follower aktif, tentu tidak sulit buat Raffi untuk menjadi endorser untuk mendapatkan tranding topic.

Raffi mengaku selama ini tidak banyak liburan atau jalan-jalan. Tetapi, begitu sudah berkeluarga dan punya anak, dia mulai berubah. Tuntutan keluarga, yang menghendaki ada masa-masa liburan, jalan bersama, tidak bisa dihindarkan. "Saya dulu nggak pernah mau liburan, sejak umur 15 tahun ke Jakarta, sampai saya mau nikah jarang banget liburan. Tapi setelah menikah, saya berubah. Saya jadi ingin lihat daerah-daerah eksotis di tanah air,” terangnya.

Begitu pun Kartika Putri, yang sudah geregetan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di medsos. “Orang Indonesia itu sangat terpengaruh oleh figure dan trend. Kalau figurnya mengenakan baju model tertentu, besoknya sudah banyak yang ikut-ikutan. Jadi, kalau figurnya jalan-jalan ke suatu tempat di tanah air, pasti banyak yang mengikuti trend itu,” kata Kartika, yang juga presenter Inbox itu.

Menpar Arief Yahya pun menawarkan kepada Raffi, Sagita dan Kartika untuk eksplorasi ke objek wisata yang akan ada event besarnya, seperti International Tour de Ijen Banyuwangi 2016, Festival Tambora 2016, Tour de Bintan 2016, Tour de Flores 2016 dan lainnya. “Kalian belum pernah ke Kawah Ijen kan? Ada bluefire, persis di atas kawah seluas 5000 hektare itu setiap pukul 01.00 sampai 03.00 WIB, Hanya ada dua di seluruh dunia, Ijen dan satu lagi di Iceland,” ujar Menpar Arief Yahya.

Tambora di Sumbawa, lanjut Arief Yahya, juga sangat cantik. Lengkap, ada gunung dengan sejarah yang sudah mendunia, Tambora. Ada Danau Satonda, danau yang airnya seperti Laut Mati, orang tidak tenggelam, atau mengapung saja jika mandi di sana. Ada Teluk Saleh, yang view-nya mengagumkan. Ada Pulau Moyo, yang menjadi langganan Lady Diana, Mic Jagger, dan selebriti dunia.

Disana juga ada kombinasi, savanna yang luas, langit yang indah dan pemandangan yang sulit ditemukan di lokasi lain di Jawa. “11 April 200 tahun yang lalu, Tambora pernah menyapa dunia dengan letusan yang mempengaruhi musim,” kata Arif Yahya.

Tetapi soal mau ke mana, kapan, mempromosikan apa, tidak perlu khawatir. Indonesia punya 10 destinasi wisata unggulan. Ada Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Setelah itu Danau Toba di Sumatera Utara. Di dekat Ibu Kota, ada Kepulauan Seribu. Eksotisme lainnya, juga bisa dinikmati di Tanjung Kelayang Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, serta Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.

Soal festival dan event budaya, kata Menpar, juga ada ratusan jumlahnya. Tinggal disesuaikan dengan skedul dan tema-temanya saja. Siapa lagi artis, penyanyi, bintang film, presenter, yang bakal bergabung menjadi endorsernya Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia? Kita tunggu saja. (*/dnl)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77