Home  /  Berita  /  Peristiwa

Indonesia Poros Maritim Dunia, Bupati Yudas: Mentawai Siap Jadi Pusat Maritim Wilayah Barat Sumatera

Indonesia Poros Maritim Dunia, Bupati Yudas: Mentawai Siap Jadi Pusat Maritim Wilayah Barat Sumatera
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. (Humas Pemkab Mentawai)
Jum'at, 01 April 2016 13:50 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, menegaskan, Kabupaten Kepulauan Mentawai siap jadi bagian Poros Maritim Dunia (PMD) sebagaimana yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo di awal jabatannya. Untuk itu, Mentawai saat ini sedang mengembangkan potensi sumber daya kelautan yang ada secara maksimal.

Hal ini dekemukakan Bupati Yudas Sabaggalet ketika menyampaikan makalah dalam Seminar Nasional Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia di Gubernuran Sumbar, Kamis (31/3/2016) di Padang. Seminar ini sendiri terlaksana berkat kerjasama TNI AL dengan Kementrian Dalam Negeri RI.

Untuk itu, sambung Yudas, pihaknya merancang pembangunan di Mentawai berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah dan UU Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Dan sesuai dengan amanat kedua UU itu, Mentawai sudah menyiapkan diri sebagai daerah pusat kemaritiman wilayah Barat Sumatera.

Berbagai upaya sedang dan akan dilakukan dalam pengembangan Mentawai mendatang. Seperti peningkatan perikanan tangkap dengan memberdayaan nelayan-nelayan kecil dan menggiatkan kegiatan perikanan budidaya.

Tak hany itu, sambung Yudas, untuk aksi pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, sudah dilakukan empat kegiatan di berbagai tempat di Kepulauan Mentawai. Keempat aksi itu, sambungnya, pertama menyiapkan kawasan pembangunan sentral kelautan dan perikanan terpadu di Sikakap Pagai Utara Selatan. Kedua, menyiapkan kawasan konservasi di Selat BungaLaut.

Juga, katanya, menyiapkan kawasan pembangunan pelebuhan perikanan di Labuhan Bajau Siberut Utara dan Sinaka Pagai Selatan. Sedangkan terakhir, yakni menyiapkan kawasan wisata bahari di Selat Bunga Laut antara Pulau Siberut dan Pulau Sipora. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/