Home  /  Berita  /  Pemerintahan

RSUD Tapan Terus Dibangun, Dinkes Pesisir Selatan Siapkan Tenaga Medis

RSUD Tapan Terus Dibangun, Dinkes Pesisir Selatan Siapkan Tenaga Medis
Kamis, 31 Maret 2016 09:32 WIB

PAINAN - Pembangunan gedung RSUD Tapan terus dilaksanakan, guna memberikan pelayanan kesehatan warga di bagian Selatan Kabupaten Pesisir Selatan. Tak hanya membangun gedung, Pemkab Pessel melalui Dinas Kesehatan juga tengah mempersiapkan tenaga medis yang akan bertugas di RSUD Tapan, Kecamatan Basa IV Balai.

"Tenaga medis tersebut bisa saja berasal dari Puskesmas yang kelebihan tenaga dan RSUD M.Zein Painan. Tenaga medis akan ditugaskan di RSUD Tapan apabila sarana kesehatan tersebut telah beroperasi," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr.Syahrizal Antoni kemarin.

Disebutkan, jumlah tenaga medis di RSUD Tapan akan menyesuaikan dengan kebutuhan. "Yang jelas, bila bangunan dan fasilitas RSUD Tapan telah siap untuk beroperasi, maka Pemkab akan menempatkan tenaga medis terbaik di sana," ujarnya.

Disebutkan, saat ini pembangunan fisik RSUD sedang berlangsung. Sebelumnya telah ada kesepakatan lanjutan pembangunan RSUD Tapan dengan Kementerian Kesehatan RI. RSUD Tapan merupakan rumah sakit tipe D terletak di Kecamatan Basa IV Balai.

"Pembangunan rumah sakit tersebut terkait dengan tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pelayanan di sebuah rumah sakit. Kini hanya ada satu rumah sakit pemerintah yaitu RSUD M.Zein Painan, selain ruang pelayanan sangat terbatas juga jauh dari Tapan dan sekitarnya," katanya.

Menurutnya, keinginan pembangunan rumah sakit juga didorong kondisi geografis Kabupaten Pesisir Selatan. Kondisi geografis Pesisir Selatan yang memanjang telah mendorong pemerintah untuk segera membangun sebuah rumah sakit tipe D.

"Selama ini, jarak yang harus ditempuh pasien di kawasan bagian selatan daerah ini sangat jauh. Misalnya dari Lunang Silaut, Tapan, Pancung Soal. Jarak yang sangat jauh telah menjadi beban tersendiri bagi pasien dari daerah selatan tersebut," katanya. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pesisirselatankab.go.id
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/