Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Protes Resmi Tim U-23 Indonesia Terkait Kepemimpinan Wasit
Olahraga
4 jam yang lalu
Protes Resmi Tim U-23 Indonesia Terkait Kepemimpinan Wasit
2
Selebritas Tanah Air Turut Berduka Berpulangnya Babe Cabita
Umum
4 jam yang lalu
Selebritas Tanah Air Turut Berduka Berpulangnya Babe Cabita
3
Vokalis Firehouse, CJ Snare Meninggal Dunia
Umum
3 jam yang lalu
Vokalis Firehouse, CJ Snare Meninggal Dunia
4
Ivan Gunawan Minta Maaf terkait Kontroversi Video Candaan Pelecehan Seksual
Umum
3 jam yang lalu
Ivan Gunawan Minta Maaf terkait Kontroversi Video Candaan Pelecehan Seksual
5
Geluti Bisnis Kuliner, Nikita Mirzani Buka Restoran Mi Ayam dan Bakso
Umum
2 jam yang lalu
Geluti Bisnis Kuliner, Nikita Mirzani Buka Restoran Mi Ayam dan Bakso
6
Penyanyi Nelly Furtado Terjatuh Saat Tampil di Festival Musik Coachella
Umum
2 jam yang lalu
Penyanyi Nelly Furtado Terjatuh Saat Tampil di Festival Musik Coachella
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group
Wonderful Indonesia 2016

Kemenpar Dorong Bengkulu Jadi Destinasi Pariwisata

Kemenpar Dorong Bengkulu Jadi Destinasi Pariwisata
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. (net)
Senin, 28 Maret 2016 11:42 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Menpar Arief Yahya menyambut positif atas rencana besar Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti untuk menjadikan daerahnya lebih fokus ke sektor pariwisata.

Hal itu terungkap saat kunjungan 16 anggota Komisi X DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Sutan Adil Hendra ke Bengkulu, pekan lalu. “Kami meminta pemerintah pusat membantu pembangunan infrastruktur yang terkait dengan pariwisata di provinsi ini,” pinta Ridwan Mukti, Gubernur Bengkulu.

Statemen Ridwan itu masuk akal, karena provinsi Bengkulu memang lokasinya cukup terpencil di balik Bukit Barisan. Akses menuju ke sana melalui jalan darat membutuhkan waktu lama. Sementara frekuensi penerbangan, atau akses melalui jalur udara juga belum maksimal. Praktis, Bengkulu menjadi provinsi yang tertinggal dari provinsi lain di Pulau Sumatera.

“Dibutuhkan strategi kuat untuk melompat maju. Pariwisata adalah jalan paling masuk akal untuk memajukan ekonomi rakyat. Kami mohon objek wisata di Bengkulu lebih banyak dipromosikan ke depan,” ucap Ridwan Mukti yang belum seumur jagung dilantik sebagai orang nomor satu di Bengkulu ini.

Dialog dalam kunjungan 16 anggota Komisi X DPR RI itu cukup produktif. Wakil Ketua Komisi X Sutan Adil Hendra juga menjelaskan, potensi Bengkulu di sector pariwisata cukup besar. Ada banyak objek wisata yang bisa dikembangkan untuk menjadi daya tarik public untuk datang ke sana.

“Silakan di eksplorasi, maka saja objek yang bisa dijadikan momentum untuk pengembangan sector pariwisata,” kata Sutan Adil, yang didampingi unsur Kemrenpar, Kemenpora, Perpustakaan Nasional serta Kemendikbud dalam kunjungan kerja 21-22 Maret 2016 itu.

Sutan meminta kepada semua pihak untuk bersinergi, berkoordinasi, bekerjasama untuk memajukan pariwisata Bengkulu. Pihaknya akan terus mengawal, dan mendorong agar pariwisata menjadi kekuatan utama penopang ekonomi Bengkulu.

Anggaran untuk mempromosika kawasan pariwisata juga akan terus dinaikkan, agar makin efektif dalam percepatan pencapaian target. “Ingat, target 2019 adalah 20 juta wisman. Tentu itu bukan angka yang sederhana, harus dikeroyok bersama-sama,” lanjut dia.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah, Tazbir menjelaskan, malam harinya diadakan pertemuan dengan pengurus ASITA dan PHRI. Dua asosiasi yang selama ini menginduk ke Kemenpar, ASITA lebih banyak mengurusi tour and travel, paket pariwisata, branding kawasan pariwisata, sales mission, dan lainnya. Sedang PHRI adalah hotel, resort, restoran, café, dan sebangsanya.

Gubernur menjelaskan, selama ini infrastruktur pariwisata di Bengkulu tidak tertangani dengan optimal. “Sumber alam dan mineral di Bengkulu ini cadangannya kecil. Kelapa sawit juga dimiliki orang luar, dampak ekonomisnya sangat tipis. Hanya pariwisata yang membuat kami lebih optimis. Untuk itu kami mohon perhatian pemerintah pusat dan DPR RI, mebantu pengembangan pariwisata di Bengkulu,” kata Ridwan Mukti.

Setelah urusan infrastruktur diperbaiki, lanjut Ridwan Mukti, mulai dipikirkan direct flight dari Singapore dan Malaysia. Dari kota-kota lain di tanah air juga harus diperbanyak, sehingga Bengkulu bukan “asing” di negeri sendiri.

Menpar Arief Yahya sangat antusias dengan spirit Gubernur Ridwan Mukti dan Wakil Ketua Komisi X, Sutan Adil Hendra itu. Dia tidak ingin menggurui, karena dua tokoh itu dinilai sangat paham akan dunia pariwisata.

Bagaimana melihat pariwisata ke depan, menghidupkan dari sekarang dan mengejar target 20 juta 2019 itu? Dia juga setuju, pariwisata adalah masa depan. “Agriculture itu revolusi di Gelombang I, lalu disusul Revolusi Industri atau manufacture di Gelombang II. Dan Teknologi informasi di Gelombang III. Saat ini kita sedang memasuki pintu masuk Gelombang IV, Revolusi Creative Industry, atau Cultural Industry,” jelas Arief Yahya.

Artinya? “Pertanian dan Industri Manufacture itu masa revolusi yang sudah dan sedang lewat. Kita boleh ke sana untuk market domestic, atau kepentingan nasional. Untuk konsumsi sendiri bukan untuk dijual dan dijadikan komoditas untuk mengejar devisa. Soal industry pabrikan, sudahlah kita pasti kalah bersaing dengan China. Laki-laki ciptaan Tuhan, Perempuan juga ciptaan Tuhan! Selebihnya, made in China,” kelakar Menpar.

Karena itu, Menpar Arief Yahya sangat antusias dengan semangat Gubernur Bengkulu itu. Dia juga memastikan untuk mendukung event Festival Tabot dan Festival Bumi Raflessia di Bengkulu 2016.

Ke depan, juga akan memberi dukungan yang lebih besar bagi promosi dan festival sebagai kalender event besar sesuai harapan DPR RI dan Gubernur Bengkulu. Komisi X DPR RI sempat meninjau obyek wisata andalan Bengkulu, Benteng Marlborough, Rumah Bung Karno, Pantai Panjang yang memiliki pasir putih yang indah dan bersih. (*/dnl)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/