Home  /  Berita  /  Pemerintahan

LBH Padang Desak Wako Mahyeldi Copot Kasat Pol PP

LBH Padang Desak Wako Mahyeldi Copot Kasat Pol PP
ilustrasi
Minggu, 27 Maret 2016 14:45 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang mengutuk kekerasan yang dilakukan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang terhadap mahasiswa di Tugu Gempa beberapa hari lalu. Selain itu, LBH Padang juga mendesak Walikota Padang mencopot Kepala Satpol PP Firdaus Ilyas.

"Aksi kekerasan oleh petugas Satpol PP Kota Padang adalah bentuk dari sebuah arogansi. Aksi kekerasan ini juga termasuk dalam tindakan pidana. Oleh sebab itu, kami melapor kasus ini ke aparat hukum," tegas Aulia Rizal dari LBH.

Solidaritas Masyarakat Anti Kekerasan (SOMAK) juga melaporkan aksi kekerasan petugas Satpol PP Kota Padang ke Polda Sumbar. LBH Padang juga meminta Walikota Padang segera mengevaluasi dan memberi sanksi kepada petugas Satpol PP yang melakukan tindakan kekerasan di Tugu Gempa terhadap mahasiswa dan di Mako Pol PP terhadap Advokat LBH pada malam kejadian.

Salah seorang advokat dari LBH Padang yang bermaksud melakukan pendampingan kepada Gainesha juga mendapat perlakuan kasar oleh petugas Satpol PP. Tindakan ini menurut Aulia sangat tidak pantas dilakukan oleh petugas Penegak Perda.

“Kami akan terus menindaklanjuti kasus ini melalui proses hukum, baik di kepolisian, Ombudsman sampai ke Komnas HAM agar aktif menyikapi kasus kekerasan terhadap masyarakat sipil ini,” tutupnya.

Terpisah, mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang Vina Octavia menilai, oknum anggota Satpol PP Padang yang terlibat adu mulut dengan salah satu advokat dalam kejadian tersebut, sama sekali tidak mengerti dengan hukum.

Vino menyesalkan terjadinya keributan yang terjadi dalam kejadian tersebut. Sebab kericuhan terjadi ketika ketika salah satu anggota Satpol PP Padang terlibat adu mulut dengan salah satu advokat bernama Asrul Aziz Sigalingging. Saat itu Asrul mendesak untuk dapat mendampingi proses hukum salah satu mahasiswa yag diamankan Satpol PP Padang. (agb)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77