Home  /  Berita  /  Umum
Musyawarah KAN Koto Nan Godang Payakumbuh Sukses

Andaroza Dt. Patiah Baringek Dipercaya Jadi Ketua

Andaroza Dt. Patiah Baringek Dipercaya Jadi Ketua
Delapan orang ninik mamak Koto Nan Godang foto bersama usai pemilihan pengurus baru periode 2016-2021.(f/nura)
Minggu, 27 Maret 2016 19:33 WIB
Penulis: Nur Akmal

PAYAKUMBUH-Ir. Andaroza Dt. Patiah  Baringek, suku Bodi, dipercaya sebagai ketua Kerapatan Adat Nagori (KAN) Koto Nan Godang, kecamatan Payakumbuh Utara, periode 2016-2021, menggantikan ketua lama Iswandi Dt. Rajo Muntiko Alam.

Dipercayanya A. Dt. Patiah Baringek sebagai ketua KAN Koto Nan Godang oleh 89 orang niniak mamak Koto Nan Godang itu, ketika pelaksanaan musyawarah pemilihan kepengurusan KAN baru, bertempat di aula KAN setempat, Minggu (27/3).

Ketua panitia pelaksana pemilihan pengurus KAN Koto Nan Godang, Fachrul Umar Dt. Tuah Nan Basango, usai pemilihan, mengatakan, tema musyawarah Nagori tahun 2016 ini adalah dengan musyawarah Nagori Koto Nan Godang di tahun ini, kita tingkatkan pemahaman Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai.

Terpilihnya A. Dt. Patiah Baringek sebagai ketua dilaksanakan secara aklamasi oleh 8 orang ninik mamak yang tercatat sebagai kandidat. Sebelumnya, terlebih dahulu disepakati oleh empat suku godang untuk memilih A. Dt. Patiah Baringek.

Delapan orang calon ketua itu diantaranya Andaroza Dt. Patiah Baringek, Atur Satria Dt. Parpatiah Sabatang suku Bodi, Mispon Heri Dt. Rangkayo Bosa suku Kampai, Arif Dt. Bijo nan Hitam, Iswandi Dt. Rajo Muntiko Alam (ketua lama) suku Simabua, Khairul Amri Dt. Gindo Simarajo suku Katia Anyia, Amriul Dt. Karaiang suku Patopang dan Djon Anandri Dt. Lelo Sati suku Koto.

Ninik mamak di Nagori Koto Nan Godang berjumlah 150 orang, sedangkan yang hadir berjumlah 89 orang, sebanyak 61 orang ninik mamak ada yang minta izin karena keperluan lain dan ada yang di perantauan.

Dari 8 orang kandidat itu, masing-masing dipercaya sebagai pengurus, sedangkan kepengurusan baru akan dilaksanakan seminggu lagi oleh tim formatur. “Kita berharap kepada ketua terpilih dan pengurus baru agar dapat memberikan perubahan kearah yang leih baik lagi, “ujar FU. Dt. Tuah Nan Basango.

Kemudian, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh niniak mamak, bundo kanduang, dubalang se Koto Nan Gadang, kecamatan Payakumbuh Utara yang telah mensukseskan acara mulai dari acara rapat-rapat kecil, hingga membuahkan hasil masikmal pada hari H.

“Setelah itu, kami juga meminta maaf keseluruh pihak, jika ada yang tidak berkenan pada acara musyawarah KAN ini dan selamat kepada ketua terpilih, “ujar FU. Dt. Tuah Nan Basango.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/