Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Bupati Harapkan Tanjung Baru Jadi Sentra Ternak Kambing

Bupati Harapkan Tanjung Baru Jadi Sentra Ternak Kambing
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidi melakukan kunjungan kerja sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Tanjung Baru, Rabu (24/3/2016).
Rabu, 23 Maret 2016 21:33 WIB
Penulis: Irfan/Hadi

TANAH DATAR- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmidi berupaya untuk men jadikan Kecamatan Tanjung Baru sebagai sentra ternak kambing dan pengembangannya akan dilakukan ke seluruh wilayah di Tanah Datar. Hal tersebut tersebut terungkap ketika melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Baru, serta dalam sambutannya, ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Kecamatan Tanjung Baru, di Gedung Serbaguna Kantor Camat setempat, Rabu (23/03).

“Kecamatan Tanjung Baru, kita upayakan untuk menjadi sentra budi daya kambing dan pengembangannya akan dilakukan ke seluruh wilayah di Tanah Datar, apa lagi akan direncanakan dengan pengembangan wisata agro di Tanjung Baru, tentu ini sangat baik dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Irdinansyah.

Sementara itu Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan apreseasi dan ucapan terima kasih atas pelaksanaan acara musrenbang yang bertepatan waktunya dengan kunjungan kerja bupati dan wakil bupati sehingga semua lembaga unsur hadir dan waktu ini dapat untuk bertatap muka langsung, sehingga apa yang menjadi prioritas kita bersama dapat kita rumuskan, jelas Irdinansyah.

Bupati juga berpesan kepada Wali Nagari dan Jorong, agar mengsinkronkan usulan prioritas yang diusulkan baik ke DPRD maupun Pemerintah melalui Musrenbang yang belum terakomodir, agar diusulkan kembali, bukan usulan dengan kegiatan yang baru pula, sehingga pembangunan itu benar-benar terwujud di Kabupaten Tanah Datar, ujarnya.

Menyinggung masalah dana bantuan pusat kepada nagari, Irdinansyah berpesan agar pelaksanaannya benar-benar transparan dan akuntabel, sehingga pelaporannya jelas. Kepada tenaga pendamping ia tegaskan agar benar-benar lakukan tugas pendampingan dengan baik sehingga realisasi kegiatan sesuai dengan wujud yang direncanakan, ulasnya.

Sebelumnya Camat Tanjung Baru Abramis Yuzi, S.Sos dalam laporannya sampaikan, dua nagari di Kec. Tanjung Baru yaitu Nagari Tanjuang Alam dan Nagari Barulak dan Kecamatan Tanjung Baru defenitif sudah 13 tahun dan sebentar lagi akan berulang tahun.

Di Kecamatan Tanjung Baru saat ini, terdapat lembaga didikan subuh (LDS) yang sudah lebih dari 15 tahun berjalan, kegiatan keagamaan rutin seperti BKMT dilakukan sekali 1 bulan.

Ikatan Mahasiswa Tanjung Baru (IMATARU ) saat ini juga sudah bergerak membentuk remaja remaja masjid yang banyak kegiatan keagamaan dalam rangka membentengi generasi muda dari penyakit sosial masyarakat seperti narkoba dan lain sebagainya.

“Karena saat ini di Tanjung Baru sudah ada naungan bagi anak anak yaitu LDS, bagi orang tua tua BKMT, dan bagi generasi muda Imataru lah yang bergerak dengan mengaktifkan remaja remaja masjid di nagari,” katanya.

Potensi Wisata Puncak Alai di Tanjung Baru juga dapat untuk dikembangkan dan hal ini tentunya juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, jelasnya.

Mengenai infrastruktur Abramis Yuzi jelaskan masalah jalan, bahu jalan, irigasi, pembangunan jalan baru dan jembatan, jaringan irigasi, drainase dengan dana Rp.6 M lebih melalui dana DAK, pada tahun 2016 ini akan direalisasikan.

Anggota DPRD Anton Yondra dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas alokasi anggaran yang cukup besar untuk Kecamatan Tanjung Baru, banyak kegiatan yang berbasis kerakyatan yang akan terbangun disini, ungkapnya.

Namun ada satu hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama dan perlu pembinaan dari pemkab terutama dinas pendidikan, yaitu masalah SMKN yang yang saat ini yang masih banyak perlu pembinaan, baik itu fisik maupun tenaga didiknya.

Masalah infrastruktur Anton singgung masalah jalan lintas Payakumbuh Batusangkar via Tanjung Baru ini perlu pelebaran, kerena pengguna jalan dari luar daerah menuju Batusangkar banyak melewati jalur ini, ulasnya.

Acara Musrenbang dan kunjungan kerja bupati ini turut dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar, Kepala SKPD, Muspika, Wali Nagari dan jorong, Tokoh Masyarakat,  Alim Ulama Cadiak Pandai dan juga tokoh Perantau.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Tanah Datar
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/