Home  /  Berita  /  GoNews Group

Oesman Sapta: Jembatan Tayan Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kalbar

Oesman Sapta: Jembatan Tayan Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kalbar
Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta.
Selasa, 22 Maret 2016 22:03 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menilai jembatan Tayan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan masyarakat di sekitar jembatan dan jalan sehingga pembangunan bisa berjalan.

"Pasti pertumbuhan ekonomi meningkat dan masyarakat di sekitar jalan itu akan berkembang. Pembangunan bisa berjalan," kata Oesman Sapta di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (22/03/2016).

Jembatan Tayan tersebut hari ini juga telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dimana dalam peresmian tersebut, juga dihadiri Gubernur Kalimantan Barat Cornelius, Menteri PU Basuki dan Mensos Khofifah.

Menurut Oesman Sapta, Infrastruktur jembatan yang dibangun ini sudah tepat. "Kita harapkan masyarakat menjaga dengan baik jembatan maupun jalannya supaya betul-betul menghidupkan perekonomian antar wilayah. Karena dari pusat provinsi ke kabupaten kota terjauh dapat dijangkau dengan jalan darat," kata Oesman Sapta yang akrab disapa Oso ini.

Jembatan Tayan ini, lanjut Oso, menjadi bagian yang sangat penting karena jembatan ini menghubungkan wilayah di Kalimantan.

Oso pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah memenuhi harapan masyarakat daerah. "Dengan adanya jembatan ini maka perjalanan bisa langsung tembus ke Kabupaten Ketapang," jelas anggota DPD dari Kalimantan Barat ini.

Dengan jembatan itu maka kehidupan ekonomi yang melewati jembatan itu bisa berkembang. "Tentu ekonomi akan tumbuh lagi. Masyarakat Kalbar tentu menyambut dengan baik pembangunan jembatan ini," ujarnya.

Oso menambahkan jembatan ini selanjutnya mendorong pembangunan jalan tol dari Pontianak ke Entikong, Pontianak ke Sambas. "Sehingga nanti semua pelosok wilayah bisa dijangkau dengan cepat," ucapnya.

Jembatan Tayan adalah sebuah jembatan yang melintas di atas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jembatan ini menjadi bagian dari jalan trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Jembatan Tayan merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan dan nomor dua di Indonesia setelah Suramadu di Jawa Timur. Jembatan ini memiliki panjang mencapai 1.440 meter dengan lebar tiga jalur kendaraan atau sekitar 11 meter. Jembatan terbagi dua yakni jembatan pertama sepnjang 280 meter dan jembatan kedua 1.140 meter.

Jembatan Tayan mulai dibangun 19 September 2012 Jembatan tersebut dibangun oleh kontraktor China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/