Home  /  Berita  /  Pendidikan

Bertemu Pengurus PGRI, Bupati Solok Nyatakan Guru Sebagai Penentu Pembangunan Bidang Pendidikan

Bertemu Pengurus PGRI, Bupati Solok Nyatakan Guru Sebagai Penentu Pembangunan Bidang Pendidikan
Bupati Solok H. Gusmal dan Wabup Yulfadri Nurdin bersama pengurus PGRI Kabupaten Solok di Guesthouse, Arosuka. (Foto Tapays/GoSumbar)
Selasa, 22 Maret 2016 16:32 WIB
Penulis: W Leto Tapays
SOLOK- Pendidikan menjadi pilar utama pembangunan Kabupaten Solok di samping pilar kesehatan, ekonomi dan pemerintahan. Karena perhatian terhadap pendidikan akan selalu maksimal. Guru menjadi pilar utama yang akan menentukan berhasil tidaknya pembangunan di bidang pendidikan.

"Pemkab Solok akan memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan pendidikan di daerah ini," jelas Bupati Solok menerima pengurus PGRI Kabupaten Solok di rumah dinasnya, Guesthouse, Arosuka, Senin (21/3) malam. Apalagi sejak awal ia bersama wabup mengusung pendidikan oni2 sebagai visi misi utama.

Ketika menjadi Bupati Solok periode pertama 2005-2010, jelas Gusmal, pendidikan Kabupaten Solok sempat berada di peringkat enam dan delapan, tetapi setelah itu melorot jauh hingga ke posisi terakhir, peringkat 19 dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Ini jelas bukan sesuatu yang dikehendaki. Karena itulah, saatnya kita kembali bangkit dan membangun pendidikan yang berkualitas.

"Kita ingin pendidikan yang berkualitas dan berkarakter," harap Gusmal. Bagaimana pun keberhasilan pendidikan akan membawa pengaruh pada kemajuan daerah. Sekalipun tidak penentu kelulusan, tetapi Ujian Nasional harus dihadapi dengan sungguh-sungguh, jelas Gusmal.

Selama ini, jelas Gusmal, keberhasilan pendidikan dilihat dari hasil UN, karena itu ia berharap pada UN 2016 ini kabupaten Solok bisa bangkit, sehingga bisa bersaing dengan kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

"UN tetap menjadi persyaratan untuk masuk perguruan tinggi," jelas Gusmal. Karena itu jika UN baik tentu akan banyak siswa Kabupaten Solok yang diterima di perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi favorit lainnya.

Sementara untuk tingkat SLTP, ia tetap berharap hasilnya juga lebih baik daripada tahun sebelumnya. Karena itulah, guru harus lebih baik lagi dalam mempersiapkan para siswa menghadapi UN 2016 ini.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Solok, Dr. Asrinur melaporkan persiapan PGRI dalam menghadapi konferensi kerja kabupaten (Konkerkab) yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Pihaknya berharap kehadiran Bupati dan Wabup Solok dalam konkerkab ini.

"PGRI akan membuat program aplikatif, sebagaimana harapan Bupati Solok," jelas Asrinur. Dukungan Bupati dan Wabup Solok terhadap PGRI temasuk luar biasa. Ia optimis pendidikan Kabupaten Solok akan kembali bangkit, dan PGRI juga semakin baik karena adanya dukungan dari pemerintahan sekarang. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/