Home  /  Berita  /  GoNews Group

30 Pelaku UMKM Dharmasraya Dapat Kredit Lunak dari Semen Padang

30 Pelaku UMKM Dharmasraya Dapat Kredit Lunak dari Semen Padang
Pelaku UMKM Dharmasraya menunggu giliran menerima bantuan kredit lunak Semen Padang.
Selasa, 22 Maret 2016 15:41 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - PT. Semen Padang kembali mengucurkan kredit lunak berbunga 6 persen setahun untuk 30 UMKM Dharmasraya, meskipun UMKM yang sebelumnya menerima program yang sama sempat macet akibat tidak ada pembinaan.

Namun pemberian modal kali ini dijamin tidak macet lantaran Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan minta Dinas Koperindag dan UMKM agar berkoordinasi dengan SKPD teknis untuk memantau dan membinanya bersama para petugas PT Semen Padang.

"Tolong bapak dan ibu yang menerima program ini terbuka dan selalu berkomunikasi dengan PT Semen Padang supaya jika ada masalah bisa segera diatasi. Ini bukan program gratis, tetapi program bergulir. Dinas Koperindag dan UMKM juga harus terus berkoordinasi dengan SKPD teknis untuk melakukan pembinaan. Jangan dibiarkan saja mereka. Dampingi terus," kata Bupati yang juga kader PDI-P ini.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Ekonomi, PT Semen Padang Syafrianto Rusli, membeberkan, tahun sebelumnya PT Semen Padang telah menyalurkan kredit serupa sebesar Rp 1,67 Miliar untuk 55 UMKM Dharmasraya. Dari jumlah tersebut, 40 UMKM di antaranya macet, 2 UMKM tersendat dan 13 UMKM lancar. Persoalan utama kemacetan itu lantaran kurangnya pembinaan. Oleh sebab itu ke depan PT Semen Padang akan mengintensifkan pembinaan dan komunikasi. "Sampaikan keluhan dan permasalahan kapan saja. Kami punya solusinya," ujarnya.

Periode Maret ini UMKM Dharmasraya yang sudah mengajukan proposal ke PT Semen Padang sebanyak 36 usaha. Dari jumlah tersebut yang lolos dan diberi kredit modal sebanyak 30 UMKM. Dan untuk periode Juni dan September masih ada peluang untuk mengajukan usulan bantuan. "Bagi yang berminat dan kesulitan modal usaha, silahkan menghubungi Dinas Koperindag dan UMKM. Mereka akan memberikan informasi yang cukup untuk kita. Ini merupakan solusi buat permodalan bagi UMKM," jelas Bupati Sutan Riska.(***)

Editor:Calva
Kategori:Dharmasraya, GoNews Group, Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/