Home  /  Berita  /  Peristiwa

Istano Pagaruyung Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Dinonatkan Sebagai Tuanku Besar Maharajo Kuaso

Istano Pagaruyung Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Dinonatkan Sebagai Tuanku Besar Maharajo Kuaso
Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno dalam sebuah acara diwawancarai wartawan.
Minggu, 20 Maret 2016 06:40 WIB
Penulis: Calva
BATUSANGKAR - Istano Pagaruyung Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar, Minggu (20/3/2016) baralek gadang. Acaranya, yakni penobatan gelas sangsako untuk Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno yang diberi gelar Tuanku Besar Maharajo Kuaso.

Sebagaimana dikethui, menurut pewaris Raja Minangkanau, Sutan Taufiq Thaib beberapa hari lalu, penganugerahan gelar sangsako adat tersebut bukan tanpa alasan dan tidak sembarangan orang yang mendapatkannya.

“Pak Gubernur selama ini telah banyak jasa-jasanya kepada masyarakat Sumatera Barat, maka atas dasar itulah kami bersepakat untuk memberikan gelar tersebut,” sebutnya.

Penganugerahan gelar tersebut bukan hanya untuk Pak Gubernur saja, tapi juga untuk Isteri beliau, yakni Ibu Nevi Irwan Prayitno dengan gelar “Puan Puti Intan Baiduri”, karena selama ini beliau selalu dengan setia mendampingi pak Gubernur dengan segala kesibukannya.

Rencananya upacara pemberiaan anugerah ini akan dilaksanakan pada Hari ini Minggu, 20 Maret 2016 di Batusangkar bersama dengan Gubernur Lampung yang juga akan menerima penganugerahan.

Menanggapi hal tersebut, Irwan Prayitno mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Jika ini bertujuan baik tentunya saya akan menerima dengan senang hati beserta isteri,” terang Gubernur.

Lanjut, IP mengharapkan dengan penganugrahan ini akan mempererat hubungannya dengan seluruh masyarakat Sumatera Barat, karena penganugerahan ini berdasarkan kesepakatan dari 62 gabungan suku yang ada di Sumatera Barat.

“Semoga dengan penganugerahan gelar sangsako adat ini akan sangat bermanfaat bagi saya dan tentunya dapat saya pergunakan sebaik mungkin demi kebaikan masyarakat Sumatera Barat,” harap Gubernur. (humas)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/