Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
Olahraga
24 jam yang lalu
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
2
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
Hukum
24 jam yang lalu
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Pendidikan

SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan Sudah Miliki Shelter

SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan Sudah Miliki Shelter
Bangunan SMAN 1 Linggo Sari Baganti yang sudah miliki Shelter. (Humas)
Sabtu, 19 Maret 2016 07:50 WIB

PAINAN - Pemkab Pesisir Selatan terus melakukan upaya antisipasi gempa dan tsunami. Salah satunya yakni membuat shelter di bangunan-bangunan pemerintah seperti di Sekolah Manengah Atas (SMA) Negeri 1 Linggo Sari Baganti. SMA ini kini telah memiliki satu unit shelter yang cukup representatif. Mulai tahun ini, shelter lima lantai itu sudah dapat dimanfaatkan baik oleh pihak sekolah maupun masyarakat sekitar.

"Shelter sudah menjadi kebutuhan sebagai tempat penyelamatan masyarakat apabila terjadi gempa besar yang berpotensi tsunami," ungkap Kepsek SMA 1 Linggo Sari Baganti, Mufti Joni, Kamis (17/3/2016).

Menurutnya, pembangunan shelter menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan konstruksi tahan gempa dan gelombang tsunami, sehingga layak sebagai tempat penyelamatan.

Keberadaan shelter sangat penting, karena jarak sekolah dengan pinggir laut hanya 1 kilometer. Shelter juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat apabila terjadi gempa besar yang berpotensi tsunami.

"Kami mengimbau masyarakat sekitar agar menyelamatkan diri ke shelter jika terjadi gempa besar yang berpotensi tsunami," imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati, Rusma Yul Anwar ketika meninjau shelter SMA 1 Linggo Sari Baganti menyatakan, sarana dan prasarana evakuasi seperti shelter harus tambah, terutama pada sekolah-sekolah yang teletak di sepanjang pantai.

"Hingga kini, baru sebagian kecil sekolah di sepanjang Pantai Pesisir Selatan yang memiliki shelter. Padahal keberadaan shelter sangat penting sebagai tempat penyelamatan warga jika terjadi gempa yang berpotensi tsunami," ujarnya. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pesisirselatankab.go.id
Kategori:Pendidikan, Pemerintahan, GoNews Group, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77