Home  /  Berita  /  Pemerintahan

KAP Payakumbuh Gelar 3 Kegiatan Lomba

KAP Payakumbuh Gelar 3 Kegiatan Lomba
Zulrefri--Kakan Arsip dan Perpustakaan.
Kamis, 17 Maret 2016 16:41 WIB
Penulis: Nur Akmal

PAYAKUMBUH-Tiga rangkaian kegiatan, kembali di gelar Kantor Arsip dan Perpustakaan (KAP) Kota Payakumbuh pada akhir bulan Maret ini, diantaranya lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba becerita tingkat SD/MI dan lomba menulis artikel tingkat SLTP, SLTA dan umum.

Kepala KAP Payakumbuh Drs. Zulrefri didampingi Kasi Pengelolaan Perpustakaan Nur Akmal, kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Kamis (17/3), mengatakan, 3 lomba yang diapungkan KAP tahun 2016 ini merupakan agenda rutin.

Kegiatan lomba yang digelar KAP selama tiga hari berturut ini yakni lomba mewarnai dilaksanakan Selasa (29/3), lomba menulis artikel diadakan Rabu (30/3) dan lomba bercerita Kamis (31/3), ketiga lomba dilaksanakan di halaman KAP tepatnya disebalah gedung DPRD kota Payakumbuh.

Untuk lomba mewarnai jumlah peserta masing-masing sekolah maksimal 4 orang, durasi lomba 1 sampai dengan 2 jam, hadiah yang disediakan panitia berupa tas sekolah, tropi dan piagam.

Sedangkan lomba menulis artikel, peserta dari tingkat SLTP maksimal 2 orang/sekolah, peserta tingkat SLTA juga 2 orang/sekolah dan peserta dari umum maksimal 20 orang, hadiah juara 1 sampai juara harapan 3 berupa tabanas. Tema artikel ditentukan saat lomba dan panjang artikel minimal 400 kata.

“Kemudian, untuk lomba bercerita, jumlah peserta masing-masing sekolah 2 orang, durasi lomba 15 menit. Peserta yang akan dikirim maksimal duduk di kelas 5. Contoh cerita yang akan ditampilkan adalah cerita rakyat yang berasal dari Luak Limopuluah (Payakumbuh-Limapuluh Kota), “ujar Zulrefri.

Ditambahkan Nur Akmal, contoh cerita rakyat Luak Limopuluah itu misalnya cerita Si Bincik, Ratapan Si Upik, Jembatan Ratapan Ibu, Bukik Pasuak dan lain-lainnya. Untuk memudahkan mendapatkan naskah cerita, pesera atau pihak sekolah dapat menanyakan kepada seniman Luak Limopuluah seperti Iyut Fitra, Gus Tf Sakai, Adri Sandra, Ray Foster dan Yulfian Azrial.

Demi terselenggaranya tiga rangkaian tersebut, kami minta pihak sekolah dan pserta yang berasal dari umum mengirimkan nama-nama peserta paling lambat tanggal 28 Maret ini ke KAP Payakumbuh.

“Perlu juga kami sampaikan, jura 1 lomba bercerita rakyat berhak mewakili Payakumbuh untuk lomba tingkat Sumbar di Padang. Kemudian untuk lomba artikel, panitia akan mengambil naskah yang masuk dominasi 20 besar untuk dibukukan, menambah koleksi perpustakaan se Sumbar dan kapan perlu diperbanyak, mengisi perpustakaan se Indonesia, “jelas Nura nama sapaan Nur Akmal.***

 

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/